6 Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Semua Tipe

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil – Banyak diantara anda tentu sudah mengetahui apa itu speaker aktif. Bahkan bisa dibilang kita sering menggunakannya. Speaker merupakan alat pengeras suara yang biasanya diletakkan di dalam ruangan atau mobil. Sehingga suara yang dihasilkan dapat terdengar lebih keras.

Jika anda membeli mobil tentu saja sudah dilengkapi dengan adanya audio bawaan dari mobil tersebut. Namun, ada beberapa orang yang kurang puas dengan audio bawaan dari mobil yang dibeli. Alasannya karena audio bawaan biasanya tidak memiliki suara yang nendang, bahan bassnya cenderung kecil atau standar.

Sehingga banyak dari orang-orang yang kurang puas dengan audio bawaan. Kemudian memiliki keinginan untuk mengganti speaker yang lama dengan yang baru. Hal ini tentu sejalan dengan keinginan sebagaian orang yang lebih menginginkan sepeaker yang mengeluarkan suara nendang dan memiliki bass yang asik.

Pada mobil-mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan audio dan juga fitur cruis control. Selain mengetahui fungsi dan manfaat speaker anda juga harus mengetahui fungsi cruise control dan kegunaannya. Sehingga fitur yang ada di mobil modern anda dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan tujuannya.

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Semua Tipe

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Semua Tipe

Saat ini anda tidak perlu kawatir jika ingin mengganti speaker lama dengan speaker baru yang suaranya lebih mantap, karena saat ini sudah banyak dijual speaker aktif dengan kualitas yang bagus dan berasal dari berbagai brand. Jika anda termasuk orang yang tidak ingin ribet, anda dapat membelinya di situs jual beli online. Tapi jika anda sudah membeli speaker aktif, namun bingung cara memasangnya? simak saja artikel yang satu ini.

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil

Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil

Untuk anda yang masih penasaran dengan cara memasang speaker aktif di mobil untuk semua tipe. Tenang saja, karena artikel kali ini akan membahas secara detail cara pasang speakaer aktif di mobil dengan cara yang mudah dan cepat anti gagal. Silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini ya.

1. Memahami Komponen dan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan pemasangan speaker aktif di mobil, pastikan anda memahami komponen dan peralatan yang akan digunakan seperti obeng kembang, amplifier audio, tang potong, head unit, selotip hitam, pembuka listrik, subwoofer, pengupas kabel, dan kunci tinsulox.

2. Memastikan Jarak Antara Subwoofer dan Kabel

Untuk langkah pertama, anda harus memastikan antara jarak kabel subwoofer amplifier dengan ukuran yang pendek. Hal ini bertujuan agar lebih mudah pada saat proses pemasangan sepeaker aktif dilakukan. Selain digunakan pada mobil pribadi, hal ini juga berlaku pada pemasangan speaker aktif pada mobil pick up.

Pada amplifier nantinya mengambil arus daya yang cukup besar dari aki mobil anda ataupun sumber listrik, sehingga untuk pemasangannya pada bagian chais mobi. Kemudian anda menghubungkan kabel remote pada head unit atau kabel plusdi aki mobil anda.

3. Persiapkan Head Unit

Pastikan anda sudah menyiapkan head unit dan mengikuti panduan pemasangan kabel yang terdapat pada body head unit. lalu masukkan output audio pada head unit ke power amplifier audio. Jika sudah output, power amplifier masuk ke bagian pintu speaker dan juga subwoofer.

Agar suara yang dihasilkan lebih bagus, anda dapat menyetting pada bagian power amplifier yaitu bagian dual rear speaker dan juga front speaker. Agar dapat mengunakan high pass filter ataupun HPF anda dapat menghubungkannya ke bagian speaker mid range pada bagian pintu.

4. Setting Bagian Rear Speaker 

Pada langkah selanjutnya anda menyetting bagian rear speaker menggunakan low pass filter ataupun LPF. Lalu hubungkan saja output dari rear speaker menggunakan speaker out dari woofer berukuran 12 inc. Pastikan anda melakukannya dengan benar dan tepat.

5. Pastikan Amplifiernya Off

Saat posisi head unitnya mati atau off. yaitu ketika anda tidak sedang mendengarkan musik atau radio. tentu saja power amplifinya harus off. Caranya dengan memperhatikan bagian fitur head unit yang biasanya disebut remote. Remote tersebut berfungsi untuk mengoperasikan power amplifier dan head unit agar keduanya dapat selaras. Anda perlu memastikan kabel remote power amplifier sudah terhubung dengan benar di bagian power control.

6. Terakhir Pemasangan Sekring

Untuk langkah yang terakhir adalah pemasangan sekring atau fuse aki pada mobil tanpa iverter. Namun perlu anda ketahui sebelumnya harus memastikan jarak antara aki mobil dan kabek sekring sekitar 30 cm. Hal tersebut bertujuan agar jarak tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dari tempat mesin yang panas.

Demikian cara pasang speaker aktif di mobil semua tipe. Anda harus mengikuti setiap langkahnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Agar speaker aktif di mobil anda dapat digunakan secara maksimal demi kenyamanan anda saat berkendara dan tidak jenuh karena ditemani dengan musik yang dapat anda putar dimobil dengan suara sesuai dengan setting yang sudah anda tentukan ketika memasang speaker aktif.