6 Cara Membuat Charger Aki Mobil Untuk Pemula

Loading...

Cara Membuat Charger Aki Mobil – Aki mobil merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang performa mesin. Lalu, tahukah anda jika saat ini kita juga bisa membuat charger aki mobil sendiri ? ya, untuk menciptakan charger aki mobil berkualitas kita hanya perlu melakukan rangkaian sederhana pada aki mobil. Disamping itu, charger aki juga bisa kita gunakan sebagai perawatan aki mobil, pasalnya dengan melakukan pengisian ulang, aki mobil akan terbebas dari kotarannya.

Cara membuat charger aki mobil sebenarnya cukup mudah, nanti akan kita bahas secara lengkap pada bagian pembahasan. Sebelumnya, perlu anda ketahui beberapa hal dalam membuat chager aki mobil. Salah satunya adalah prinsip dasar charger aki mobil, dimana aki merupakan sumber listrik DC sehingga kita harus menggunakan arus DC dalam mengisi ulang aki mobil.

Selain itu, tegangan di arus DC juga harus lebih besar dari tegangan aki mobil. Misal, mobil anda menggunakan aki dengan tegangan 12,65 volt. Maka tegangan arus DC menuju aki mobil minimal harus 13,5 volt. Kemudian pengisian ulang aki mobil bukan berarti memasukkan arus listrik kedalam plat aki, melainkan arus listrik hanya membersihkan plat aki dari sulfation.

Kemudian di dalam charger aki juga terdapat komponen bernama Trafo dan Dioda. Komponen tersebut berperan sebagai penurun tegangan listrik, misal jika tegangan listrik 220 Volt maka akan diturunkan menjadi 12 – 15 volt oleh Trafo. Sedangkan komponen Dioda berperan dalam membuat arus searah atau biasa disebut juga dengan rectifier.

Cara Membuat Charger Aki Mobil Berkualitas Bagus

Cara Membuat Charger Aki Mobil Berkualitas Bagus dengan Mudah

Kemudian cara untuk membuat charger aki mobil kita bisa menggunakan beberapa rangkain. Salah satunya adalah skema Trafo NON CT. Cara tersebut merupakan skema paling sering digunakan. Nah, penasaran bagaimana rangkainnya ? baiklah, mari kita bahas satu persatu melalui ulasan dibawah ini.

Cara Membuat Charger Aki Mobil

Cara Membuat Charger Aki Mobil

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya dimana terdapat beberapa cara dan rangkaian dalam membuat alat pengecas aki mobil. Namun paling sering digunakan adalah skema Trafo NON CT. Kenapa cara ini banyak digunakan ? karena disamping anggaran yang diperlukan tidak terlalu banyak, rangkaian dalam membuat charger aki mobil dengan cara ini juga cukup mudah dan sederhana. Nah, mengenai besaran anggaran yang diperlukan anda bisa menyimak tabel dibawah ini :

Loading...

Anggaran yang Diperlukan

Anggaran Biaya

Bahan dan Alat-alat

Harga

Trafo 5 amperRp. 150.000
Kabel PLNRp. 7.000
Sekering 1 paketRP. 3.000
SaklarRp. 3.000
Diode 5 amper ( 2 )Rp. 2.000
Ammeter 0-15 amperRp. 40.000
Kabel 5 meterRp. 15.000
Capit BuayaRp. 5.000
Timah 3 meterRp. 6.000
SolderRp. 25.000
Box ChargerRp. 50.000
TotalRp. 306.000

Setelah semua bahan dan alat yang digunakan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mulai merangkai skema charger aki mobil. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Langkah-langkah Membuat Charger Aki Mobil dengan Rangkaian Trafo CT

Langkah Langkah Membuat Charger Aki Mobil Trafo NON CT

  • Pertama, kita pilih tegangan PLN sebesar 240 volt supaya aman.
  • Selanjutnya pada gulungan sekunder, hubungkan salah satu kabel PLN pada trafo bertuliskan 240 volt.
  • Dan untuk kabel PLN satunya lagi anda sambungkan menuju sekering. Nantinya output sekering akan konek ke trafo 0.
  • Jika anda ingin menggunakan indikator amper meter, anda hanya perlu menghubungkan kabel plus dari diode menuju lambang ( + ) di amper meter.
  • Setelah itu hubungkan conektor amper meter min ( – ) pada aki plus ( + ) ketika melakukan pengecasan.
  • Pembuatan charger aki mobil telah selesai.

Keunggulan

Keunggulan Charger Aki Mobil

  • Dapat mendeteksi kondisi aki mobil melalui indikator ampermeter apakah masih baik sudah buruk.
  • Dapat merekondisi atau mengembalikan kualitas aki mobil seperti baru.
  • Dapat mengisi ulang aki mobil dalam waktu kurang lebih 48 jam.

Mungkin seperti itu cara membuat charger aki mobil menggunakan skema rangkaian Trafo NON CT. Metode diatas bisa anda praktekan di rumah. Penggunaan charger aki mobil diatas juga memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah mampu mengembalikan kondisi aki mobil seperti baru. Selain itu, waktu pengecasannya juga terbilang lama, yakni hingga 48 jam. Namun sebelum mengaplikasikan cara diatas, pertama-tama anda harus menyiapkan bahan serta alat yang dibutuhkan. Sedangkan untuk biaya yang harus dikeluarkan, anda bisa menyimak kembali tabel anggaran yang kami sajikan diatas.

Loading...
Loading...