8 Cara Mengkilapkan Body Mobil Kusam Paling Efektif

Loading...

Cara Mengkilapkan Body Mobil – Memiliki mobil dengan body mengkilap tentu dambaan setiap pengguna mobil. Nah, tahukah anda kini impian tersebut bisa menjadi kenyataan. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara mengekilapkan body mobil kusam menjadi tampak seperti baru. Penasaran bukan ?

Ada beberapa cara untuk mengkilapkan permukaan body mobil kita, salah satunya adalah dengan cara rajin mengelap body mobil menggunakan cairan pembersih mobil. atau anda juga bisa menerapkan teknik waxing dalam mengkilapkan body mobil kusam. Cara ini telah terbukti efektif dan ampuh untuk mengembalikan body mobil tampak seperti baru.

Disamping itu, sebelum menerapkan cara mengkilapkan body mobil, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis warna yang digunakan pada mobil. Jangan sampai jenis cat mobil anda tidak cocok dengan cairan pembersih body mobil. Bisa-bisa bukanya mengkilapkan body mobil, malah justru membuat cat pada body mobil tampak kusam.

Terdapat tiga jenis warna mobil, antara lain Nitro Celulose, Nitro Celulose Modified, dan Polyrethane. Setiap jenis cat memiliki karakteristik masing-masing. Misal pada tipe warna Polyrethane, jenis warna ini bisa kita jumpai pada mobil-mobil sekarang. Body mobil dengan tipe cat ini lebih baik di lap menggunakan cairan berbahan dasar organik, seperti Carnauba.

Cara Mengkilapkan Body Mobil Kusam Paling Mudah dan Efektif

Cara Mengkilapkan Body Mobil Paling Efektif

Kemudian jenis warna Nitro Celulose Modified bisa kita jumpai pada mobil-mobil jadul keluaran tahun 90-an. Mobil dengan jenis warna ini juga tetap terlihat ganteng asalkan si pemilik rajin melakukan perawatan pada body mobil. Dalam mengkilapkan body mobil dengan tipe warna ini harus menggunakan obat poles berbahan dasar silikon. Baiklah, daripada penasaran langsung saja kita simak ulasan dibawah ini mengenai cara mengkilapkan body mobil sesuai dengan jenis cat.

Cara Mengkilapkan Body Mobil

Cara Mengkilapkan Body Mobil

Selain menjaga kondisi mesin, perawatan mobil juga bisa dilakukan dengan cara memoles bagian luar mobil agar tampak mengkilap. Untuk merawat tampilan luar mobil kita bisa melakukan beberapa cara, mulai dari rajin mencuci hingga melakukan teknik waxing menggunakan obat poles. Selain itu, kita juga harus memperhatikan tipe cat pada mobil kita. Terdapat tiga jenis cat dan setiap jenis memiliki karakteristik masing-masing.

Jenis Perawatan Body Mobil

Jenis Perawatan Body Mobil

Loading...
  • Mencuci Mobil Secara Rutin 

Cara ini merupakan cara paling simpel dan juga efektif untuk menjaga tampilan mobil tetap ganteng. Dengan rajin mencuci mobil tentu saja baik tampilan luar maupun dalam mobil kita akan selalu bersih. Disamping itu, hal tersebut juga bisa menunjang kenyamanan kita dalam berkendara. Dan pastinya untuk mencuci mobil sendiri kita tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis.

  • Menggunakan Obat Poles

Selain itu, untuk mengkilapkan body mobil juga bisa dilakukan dengan cara memolesnya menggunakan obat poles. Namun ingat, obat poles yang digunakan harus sesuai dengan tipe cat mobil anda. Karena jika tidak sesuai, bukannya mengkilapkan body mobil malah justru merusak tampilan luar mobil dan menambah warna kusam. Waktu yang tepat untuk melumuri obat poles pada body mobil adalah ketika selesai di cuci. Dalam keadaan bersih, body mobil anda poles menggunakan cairan khusus dan tunggu selama 10 – 15 menit. Setelah itu bersihkan cairan tersebut menggunaakn microfiber.

  • Menggunakan Teknik Waxing

Metode ini sebenarnya hampir sama dengan cara mengkilapkan tampilan luar mobil menggunakan obat poles, hanya saja untuk teknik waxing proses pengerjaannya lebih cepat dan praktis. Bisa dikatakan untuk urusan mengkilapkan body mobil, cara ini adalah yang paling ampuh. Sama hal nya dengan menggunakan obat poles, dalam teknik waxing kita juga harus memperhatikan tipe cat pada mobil kita. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas body mobil.

 Jenis-Jenis Cat

Jenis Cat Mobil

  • Nitro Celulose

Tipe cat Nitro Celulose biasa kita jumpai pada mobil keluaran 80-an seperti Toyota Corolla, Daihatsu Charmant, Ford Escort dan lain sebagainya. Cat body mobil jenis ini memiliki karakteristik kilau warna tidak stabil. Disamping itu untuk memoles body mobil dengan tipe cat ini harus menggunakan obat poles berbahan dasar silikon, contohnya Amway Silicon Glaze.

  • Nitro Celulose Modified

Sedangkan untuk mobil dengan tipe cat Nitro Celulose Modified adalah mobil dari tahun 90-an. Masih tergolong mobil jadul, hanya saja untuk karakteristik tipe warna ini sedikit lebih baik daripada Nitro Celulose. Pasalnya pada warna Nitro Celulose Modified telah terdapat tambahan bernama Hardener. Bahan tersebut berperan untuk mengkilapkan body mobil sekaligus menjaga warna body mobil supaya tidak mudah kusam. Sedangkan untuk jenis obat poles untuk tipe cat ini adalah cairan permbersih berbahan dasar silikon. Sama seperti cat Nitro Celulose.

  • Polyrethane

Sedangkan untuk jenis cat ini bisa kita temukan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Karakteristik cat ini memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan jenis-jenis sebelumnya. Begitu juga untuk obat poles,  mobil dengan jenis cat Polyrethane tidak disarankan menggunakan obat poles berbahan dasar silikon. Melainkan cairan pembersih body mobil dengan kandungan organik lebih banyak, seperti Carnauba.

Kurang lebih seperti itu informasi dari kami mengenai cara mengkilapkan body mobil. Dalam mengkilapkan body mobil kita harus memperhatikan beberapa hal, terutama tipe cat yang digunakan pada mobil kita. Pasalnya jika salah menggunakan obat poles, yang tadinya ingin mengkilapkan body mobil malah justru merusak dan membuat body mobil tampak kusam. Kini berbagai macam merk obat poles untuk mengkilapkan body mobil telah tersedia di seluruh Indonesia.

Loading...
Loading...