5 Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk : Tips & Trik

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk –¬†Jika saat anda berkendara mobil mengalami limbung ketika melewati jalan yang bergelombang ataupun berbelok sehingga membuat kenyamanan berkurang. Hal inilah yang membuat shockbreaker atau bagian suspensi mobil menjadi sasaran ubahan agar mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

Langkah yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti suspensi bawaan mobil anda dengan suspensi baru dengan merk yang berbeda. Namun, ada sebagian dari anda lebih menyukai untuk memodifikasi suspensi bawaan mobil agar menjadi lebih nyaman. Salah satu caranya dengan mengubah menjadi sistem double rebound.

Suspensi merupakan sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk menyerap getaran akibat mobil berjalan diatas permukaan jalan yang tidak rata. Tujuan sistem suspensi untuk mencegah agar body mobil tidak bergetas pada saat melintasi permukaan jalan. Sehingga anda lebih nyaman pada saat berkendara di jalan yang anda lewati.

Prinsip kerja suspensi pada mobil yaitu dengan memberi sekat antara body dengan roda. Dimana sekat itu memiliki daya elastisitas sehingga gerakan mendadak yang terjadi pada rodak tidak akan mempengaruhi body kendaraan. Komponen utama pada suspensi adalah pegas. Pegas  merupakan komponen terbuat dari baja elastis yang kuat.

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk Terbaru

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk Terbaru

Suspensi membantu mobil tetap stabil waktu berbelok, suspensi juga memiliki fungsi untuk membuat anda tetap nyaman saat berkendara, bahkan ketika anda melewati jalanan bergelombang. Oleh karena itu, artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara membuat suspensi mobil empuk saat digunakan berkendara di jalan. Silahkan simak artikel lengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk

Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk

Cara memodifikasi terbilang sederhana. Anda bongkar shockbreaker untuk dipasang per tambahan, kemudian dirakit kembali jika sudah selesai. Pada saat dibongkar, suspensi harus di beri oli baru dan juga ditambahkan dengan gas nitrogen. Oli tersebut akan merendam peer, sehingga tidak perlu kawatir berkarat. Demikian pula gas nitrogen yang diisikan.

Shockbreaker sendiri memiliki fungsi untuk membatasi gerak body mobil, baik gerak ke atas ataupun kebawah. Saat shockbreaker turun secara otomatis akan ditahan oleh per asli mobil. Namun, pada saat gerak ke atas, jika shockbreaker standar terlepas begitu saja. Modifikasi double rebound akan memiliki dimensi lebih pendek dibanding standarnya, hal ini juga berlaku pada shockbreaker belakang. Walaupun memiliki dimensi lebih pendek, anda tidak perlu kawatir mobil menjadi ceper. Karena terdapat per yang menahannya sehingga dalamnya tidak terlalu tertarik.

Penyebab Suspensi Mobil Keras

1. Masa Pakai Sudah Habis

Penyebab yang pertama adalah masa pakai yang sudah habis, mungkin ini masuk kedalam faktor alam yang sudah tidak bisa di hindari. Memang pada umumnya suspensi mobil yang sudah expired, kemudian oli didalamnya akan bocor atau habis sehingga kualitas suspensi mobil menjadi keras. Jika anda ingin mengetahui apakah suspensi mobil bocor atau tidak, anda dapat mengeceknya di bagian suspensi, jika ada debu yang menempel pada badan suspensi, bisa jadi oli sudah bocor.

2. Mobil Sering Melaju Pada Jalan yang Berlubang

Penyebab yang kedua adalah seringnya mobil anda melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang. Jika mobil anda sering melewati jalanan yang tidak rata atau berlubang maka suspensi mobil akan bekerja lebih berat sehingga mempercepat masanya, khususnya pada mobil sedan atau hatcback yang kualitas suspensinya tidak cukup tangguh seperti mobil mpv atau suv.

3. Pemasangan Pada Upper Mounting Tidak Tepat

Untuk penyebab suspensi keras yang ketiga adalah pemasangan upper mounting tidak tepat. Perlu anda ketahui jika pemasangan upper mounting tidak tepat, akibatnya suspensi tidak bisa duduk sebagaimana mestinya. Dan jika kondisi tersebut dibiarkan tentu saja kinerja suspensi melebihi batas, maka dari itu untuk mencegah suspensi mobil keras anda perlu mengecek bagian upper mounting apakah posisinya sudah pas atau belum

Itulah informasi mengenai cara membuat suspensi mobil empuk dan penyebab yang dapat membuat suspensi mobil menjadi keras. Dengan mengetahui penyebabnya, tantu saja anda akan lebih berhati-hati lagi, hindari jalanan yang berlubang atau tidak rata. Lakukan pengecekan berkala jika anda merasa mobil sudah tidak nyaman di bagian suspensi. Jika masalah terus berlanjut pada suspensi mobil, silahkan bawa mobil anda ke bengkel terdekat.