8 Cara Merawat Radiator Mobil & Fungsinya

Loading...

Cara Merawat Radiator Mobil – Untuk anda yang sering menggunakan mobil tentu sudah tidak asing lagi dengan adanya radiator pada mobil anda. Radiator adalah salah satu komponen yang penting pada mobil untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas saat digunakan.

Komponen radiator memanfaatkan pendingin atau bisa disebut dengan coolent yang dimasukkan kedalam radiator, kemudian secara otomatis bekerja dengan bersirkuulasi didalam mesin yang bertujuan untuk menjaga suhu mesin agar tetap stabil dan tidak mengalami overheat.

Perlu anda ketahui bahwa radiator berperan penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap stabil saat bekerja, ukuran suhu stabil yakni berkisar antara 80-90 derajat. Sehingga memungkinkan mesin dapat bekerja dengan efisien untuk dapat memberikan performa mesin yang maksimal.

Jika suhu mesin terlalu rendah dapat mengakibatkan penggunaan bahan bakar jauh lebih boros, dikarenakan pembakarannya tidak sempurna. Namun, jika suhu mesin terlalu panas atau terlalu tinggi dapat mengakibatkan timbulnya suara mesin yang berisi atai overheat dimana hal tersebut mampu mengubah bentuk material komponen pada mesin.

Cara Merawat Radiator Mobil dan Fungsinya

Cara Merawat Radiator Mobil dan Fungsinya

Setalah anda mengethaui sedikit informasi mengenai radiator seperti yang sudah kita bahas diatas, kali ini kita akan memberikan informasi lebih lengkap mengenai cara merawat radiator mobil beserta penjelasan lengkap fungsi dari radiator tersebut. Silahkan anda simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Fungsi Radiator Mobil

Fungsi Radiator Mobil

Radiator pada mobil berfungsi untuk menurunkan suhu cairan pendingin pada saat suhunya sendang tinggi setelah melewati water jacket. Radiator juga berfungsi untuk menstabilkan suhu pada mesin mobil anda, agar saat berkendara performa mesin anda tetap terjaga dengan baik.

Loading...

Cara Merawat Radiator Mobil

Cara Merawat Radiator Mobil

  • Bersihkan atau Kuras Tangki Radiator

Tips yang paling penting dalam merawat radiator adalah bersihkan tangki  secara rutin, anda bisa melakukannya minimal 2 minggu sekali. Dengan mebersihkan tangki radiator secara rutin dapat membuat temperatur mobil anda terjaga dengan baik, serta dapat menghindari masalah seperti overheat. Menguras tangki radiator juga bertujuan agar tangki radiator terhindar dari korosi.

  • Perhatikan Volume Air Radiator

Masalah yang umumnya sering terjadi pada mobil adalah overheat, masalah ini disebabkan oleh kurangnya volume air pada radiator mobil anda sehingga temperatur mesin meningkat drastis. Pada saat air radiator kurang dapat menyebabkan tekanan pada penutup dan memberikan tekanan yang disalurkan pada reservoir ataupun tabung cadangan air pada radiator. Dengan adanya tekanan tersebut, maka sistem radiator akan menimbulkan terjadinya vakum.

Namun sebaliknya, jika tekanan ataupun temperatur mesin masih menurun,maka vakum tersebut akan kembali menghisap air radiator. Perlu kalian ketahui bahwa batasan aman folume air berada di antra full dan low. Jadi jangan lupa untuk selalu mengecek dan memperhatikan air pada radiator mobil anda.

  • Hindari Menggunakan Air Keran

Pelu kalian perhatikan untuk menghindari pemakaian air keran pada radiator mobil. Hal ini disebabkan karena air keran memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga berdampak terjadinya korosi pada tangki radiator mobil anda. Hal ini perlu diperhatikan agar performa mesin mobil anda tetap terjaga dengan baik. Dan radiator tidak mudah berkarat.

  • Jangan Lupa Untuk Menutup Radiator

Menutup radiator merupakan hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan. Pastikan anda menutup radiator rapat sehingga cairan radiator tidak bocor pada saat menahan temperatur mesin mobil yang panas. Selain perlu memperhatikan tutup radiator, anda juga harus rutin melakukan pengecekan untuk memastikan sistem radiator anda terjaga dengan baik. Saluran air radiator dan reservoir atau tabung cadangan air pada radiator juga perlu di perhatikan oleh anda, Karena biaasanya hal sepele seringkali kali diabaikan oleh sebagian orang.

  • Menggunakan Radiator Coolant

Menggunakan radiator coolant memang dikhususkan untuk menjaga temperatur mesin mobil. Radiator Coolant juga berfungsi untuk mengangkat kotoran dan juga karat yang telah menumpuk pada tangki radiator. Sebelum menggunakan radiator Collant ada baiknya anda memilih radiator coolant yang sesuai dengan mobil anda.

Itulah beberapa informasi mengenai cara merawat radiator mobil beserta fungsinya. Dengan rutin melakukan perawatan pada radiator anda, tentu saja akan menjaga performa mesin mobil anda, sehingga nyaman digunakan saat berkendara. Perlu anda wasapadai ketika berkendara jika suhu pada mesin mobil sudah terlalu panas ada baiknya anda berhenti dan beristirahat. Mobil juga sama halnya dengan manusia tidak bisa dipaksa terus berjalan jika kondisi mesin terlalu panas.

Loading...
Loading...