Mengenal Thermostat Mesin Mobil : Fungsi, Pengertian & Cara Kerja

Loading...

Thermostat – Berkendara merupakan hal paling menyenangkan bagi setiap orang, apalagi jika menggunakan motor atau mobil baru. Dengan berkendara anda akan cepat untuk sampai pada lokasi yang akan dituju. Berkendara saat ini menjadi salah satu hal yang juga wajib orang lakukan, baik itu menggunakan mobil, motor maupun jenis kendaraan lainnya.

Nah pada pembahasan artikel yang satu ini adalah mengenai komponen yang fungsinya sangat penting untuk mobil, dan ada juga beberapa cara merawat mobil baru agar terus memiliki performa terbaik. Memang banyak sekali komponen-komponen yang ada pada mesin mobil salah satunya thermostat. Komponennya kecil namun fungsinya sangat di perlukan sekali.

Pastinya tidak asing lagi di telinga anda, terlagi jika anda pernah berkunjung ke bengkel mobil yang ada di sekitar kota anda. Pasti ada saja orang atau konsumen yang mengeluhkan mesin terlalu panas padahal baru saja digunakan. Mungkin salah satunya diakibatkan oleh thermostat yang bekerja secara tidak sempurna.

Maka dari pada itu selalu waspada dan selalu cek kendaraan mobil anda ketika ingin berkendara jarak jauh . Serta periksa komponen mobil tersebut apakah berfungsi dengan baik. Jika tidak maka dapat terjadi overheat, ketika anda bepergian dengan jarak yang jauh. Sekali lagi selalu cek mobil anda ketika ingin melakukan perjalanan.

Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Dari Thermostat

Pengertian Cara Kerja dan Fungsi Dari Thermostat

Nah bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut dari fungsi, pengertian sampai cara kerja dari thermostat dapat simak sampai akhir artikel ini agar anda benar-benar memahaminya. Semoga informasi mengenai komponen ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Pengertian Thermostat

Thermostat sendiri merupakan suatu perangkat yang dapat untuk memutuskan dan menyambungkan arus listrik pada saat mendeteksi perubahan suhu yang terjadi dalam lingkungan tertentu, sesuai dengan pengaturan suhu yang sudah di tentukan.

Thermostat yang digunakan pada saat ini dapat di bedakan menjadi 2 jenis, yaitu Mekanikal dan Elektronik. Untuk thermostat mekanikal sendiri pada dasarnya merupakan jenis sensor suhu kontak yang menggunakan prinsip electro mechanical dan untuk jenis thermostat elektronik menggunakan komponen-komponen elektronika untuk mendeteksi perubahan suhunya.

Loading...

Thermostat sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno. “Thermo” sendiri yang memiliki arti panas dan “Statos” yang berarti tetap sama. Sehingga jika digabungkan akan memiliki arti ” menjaga panas tetap sama”. Jika pada saat suhu terlalu dingin maka thermostat akan menyalakan pemanasnya untuk menstabilkan suhu yang ada untuk tetap hangat.

Pertama kali thermostat ditemukan yaitu pada abad ke-17 oleh seorang warga Belanda yang bernama Cornelis Drebbel di Inggris. Thermostat Merkuri ini digunakan untuk membantu mengatur suhu inkubator ayam. Untuk thermostat modern pertama ditemukan oleh Andrew Ure pada tahun 1830 yang digunakan untuk menyetabilkan suhu di mesin produksi pada pabrik tekstilnya.

Semakin maju dan berkembangnya zaman yang ada saat ini, mengakibatkan alat ukur ini digunakan di berbagai jenis mesin salah satunya adalah mesin mobil. Mesin mobil juga menggunakan thermostat untuk mengendalikan suhu mesin agar selalu dalam performa terbaiknya.

Fungsi Thermostat Mobil

Mesin mobil yang terdiri dari berbagai macam jenis komponen penting. Komponen penting tersebut berhubungan satu sama lain dengan tingkat putaran yang sangat tinggi serta mengerjakan tugasnya secara cepat. Hal itu akan menimbulkan peningkatan suhu yang pada sisi mesin. Maka daripada itu mobil rupanya juga membutuhkan thermostat untuk memberikan suhu yang ada pada mesin mobil tetap stabil.

Thermostat merupakan suatu komponen yang ada di dalam sistem pendingin mobil yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator. Sehingga akan mencegah terjadinya mesin overheat atau rusak. Sistem pendingin ini sendiri berfungsi untuk tetap menjaga temperatur mesin untuk selalu dalam kondisi yang ideal dan prima. Untuk letaknya sendiri thermostat terletak pada saluran air atau cairan pendinginnya, tepatnya berada pada saluran air dari mesin yang mengarah ke radiator.

Cara Kerja Thermostat Mobil

Ini dia proses sederhana yang terjadi pada komponen mobil ini:

  1.  Air kan di pompa oleh water pump menuju ke arah mesin.
  2.  Pada mesin, air akan melewati jalur yang sudah di sediakan. Untuk jalur tersebut biasa di sebut dengan water jacket.
  3. Kemudian air pendingin suhu panas tersebut akan keluar melewati selang dan masuk ke radiator bagian atas.
  4. Hal itu akan terjadinya penurunan suhu air atau coolant di dalam radiator. Itu terjadi karena air melewati jalur kisi-kisi kecil yang begitu banyak pada radiator. Panas yang ada pada kisi-kisi akan di pindahkan ke udara dengan bantuan kipas yang terpasang di balik radiator yang digunakan untuk mendinginkan.
  5. Suhu air yang ada akan turun setelah melewati kisi-kisi di radiator.
  6. Kemudian keluar dari selang radiator bagian bawah dan dipompakan kembali menuju dalam mesin untuk kembali menurunkan suhu mesinnya.

Itulah sedikit ulasan yang dapat kami sampaikan untuk anda semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk anda

Loading...
Loading...