12 Cara Dempul Mobil Penyok Yang Benar Agar Mendapat Hasil Bagus

Loading...

Cara Dempul Mobil – Memiliki mobil merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh semua orang. Dengan begitu anda pastinya perlu membelinya terlebih dahulu sebelum menggunakan. Baik itu mobil baru maupun bekas, namun jika anda memilih membeli mobil bekas karena memiliki harga tidak terlalu mahal. Maka ada beberapa tips membeli mobil bekas supaya tidak tertipu.

Setelah digunakan mobil tersebut memang tidak terhindarkan dari apa itu namanya luka, baretan, goresan bahkan penyok di bagian bodi mobil. Terdapat luka pada mobil kesayangan pastinya akan membuat tidak nyaman serta terganggu pastinya. Padahal pada saat membawa atau menggunakan mobil dalam kondisi sangat berhati-hati. Begitulah resiko jika memiliki mobil pastinya ada saja masalah akan datang.

Namun semua hal itu tadi goresan, baret sampai bodi mobil penyok dapat dilakukan perbaikan dengan cara yang benar serta hati-hati. Semua masalah tersebut dapat diatasi dengan sempurna tanpa meninggalkan sisa maupun bekas penyoknya, menggunakan dempul. Pastinya anda tidak asing lagi dengan apa itu namanya dempul, terlagi pada dunia otomotif.

Untuk melakukan pendempulan sendiri harus benar-benar teliti, karena dempul merupakan bagian yang bersinggungan secara langsung dengan cat. Sehingga jika dempul tidak rata maka cat yang sudah di semprotkan akan menghasilkan corak berbeda dengan bagian yang tidak terkenal dempul, hal itu menjadikan selalu teliti dalam melakukan pendempulan.

Cara Dempul Mobil Baik, Benar dan Cepat

Cara Dempul Mobil Baik Benar dan Cepat

Ada beberapa proses dapat dilakukan dalam proses perbaikan pada mobil, salah satu hal paling sulit yaitu pada saat proses dempul bodi mobil. Karena hal ini nantinya akan menentukan hasil akhirnya, karena pendempulan sendiri bertujuan untuk mendasari proses pengecetan dan juga meratakan bodi mobil yang tergores ataupun penyok. Maka dari pada itu anda perlu mengetahui cara dempul bodi mobil dengan benar dan nantinya memberikan hasil yang terbaik.

Jenis Dempul dan Alat-alat Yang Digunakan

Jenis Dempul dan Alat alat Yang Digunakan

Sebelum berlanjut mengenai cara dempul bodi mobil, alangkah baiknya anda pahami mengenai macam-macam dempul. Dempul sendiri terbagi menjadi 3 macam :

1. Dempul Plastik

Loading...

Untuk dempul plastik sendiri memiliki daya kering lebih cepat, sehingga jika anda sedang mendempul mobil menggunakan jenis dempul ini maka lakukan secara cepat. Sehingga dempul tersebut tidak cepat mengering, namun tetap lakukan dengan dengan teliti agar dapat menghasilkan pendempulan terbaik dan memuaskan. Cara menggunakan dempul plastik haruslah dicampur terlebih dahulu dengan plastik dan juga pasta pengeras secukupnya sesuai takaran.

2. Dempul Plamir

Dempul jenis plamir tidak memerlukan bahan campuran atau dibilang sudah jadi dan siap untuk dioleskan pada bodi mobil yang penyok. Praktis tetapi keringnya lumayan sedikit lama. Untuk cara memakainya sendiri hanya cukup dioleskan menggunakan sekrap cat dengan tipis dan bertahap. Dempul jenis ini biasanya dijual dalam kemasan kaleng, kebanyakan bengkel ketok megic menggunakan dempul satu ini.

3. Dempul Buatan

Jenis dempul buatan merupakan campuran dari dempul plamir seperti cat dasar serta bedak talk. Dengan memiliki kualitas maupun mutu rendah, mengakibatkan dempul satu ini memiliki harga cukup murah. Jenis dempul campuran sangat kurang direkomendasikan untuk digunakan memperbaiki bodi mobil penyok, karena nantinya memberikan hasil yang kurang memuaskan.

Alat dan bahan Wajib Disiapkan:

  • Skrap
  • Dempul
  • Thinner
  • Lap bersih
  • Pengeras dempul, biasanya satu paket bersama dempul yang anda beli
  • Sarung tangan
  • Masker
  • Amplas
  • Tatakan yang memiliki permukaan rata, bertujuan untuk mencampur dempul dengan pengerasnya

Cara Dempul Mobil

Cara Dempul Mobil

Berikut cara dempul bodi mobil baik dan benar :

  1. Cara pertama pastikan dahulu bodi mobil yang akan anda dempul sudah bersih.
  2. Selanjutnya cek pada bagian-bagian yang nantinya akan didempul, jika terdapat beberapa lekukan. Maka ratakan dengan menggunakan palu khusus yang digunakan untuk meratakan bodi mobil.
  3. Jika sudah diratakan menggunakan palu, cara selanjutnya yaitu bersihkan kembali bagian yang tadi diratakan.
  4. Kemudian anda siapkanlah cat basic atau meni yang sudah dicampur menggunakan thinner, perhatikan perbandingan campurannya.
  5. Berikutnya lakukan pengecatan dibagian yang akan didempul dengan menggunakan meni itu tadi.
  6. Jika sudah menyemprotkannya siapkan dempul sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai lupa siapkan alat seperti cat, nantinya berfungsi untuk meratakannya.
  7. Cara selanjutnya yaitu oleskan dempul secara bertahap menggunakan dengan memakai sekrap cat sedikit demi sedikit atau secara tipis-tipis bertahap sampai benar-benar bodi mobil tersebut rata.
  8. Jika sudah tunggu sampai benar-benar dempul tersebut kering. Setelah dempul kering, cara selanjutnya ratakan kembali menggunakan amplas sampai benar-benar sesuai bentuk yang diinginkan.
  9. Jika masih belum rata juga, anda dapat menambah mendempulnya lagi pada bagian yang dikira masih kurang rata.
  10. Tunggu sampai kering, dan lakukan pengamplasan kembali.
  11. Jika cara tadi sudah, lakukan pembersihan menggunakan air sampai benar-benar sudah bersih.
  12. Kemudian keringkan, jika sudah kering bodi mobil yang sudah di dempul tersebut siap untuk mulai dilakukan proses pengecatan.

Itulah pembahasan mengenai cara dempul mobil secara baik dan benar untuk memberikan hasil yang memuaskan. Semoga cara tersebut dapat bermanfaat dan berguna untuk anda semua.

Loading...
Loading...