Tips Untuk Modifikasi Mobil Retro Beserta Gambar Modifikasi

Advertisement

Modifikasi Mobil Retro – Gaya retro pada mobil adalah desain yang digunakan produsen otomotif untuk sedan keluaran tahun 70an hingga 80an. Untuk produk Amerika biasa disebut pony car. Ciri khasnya adalah bentuk bumper depan yang tegak. Selain itu, tampilan lampu yang bundar menjadi curi unik dari mobil retro. Karena bentuknya yang khas, pencinta otomotif mengembangkan modifikasi mobil retro. Mobil baru dengan tampilan retro tentu akan sulit ditemui saat ini. Alasan ini menyebabkan modifikasi menjadi pilihan utama. Paragraf selanjutnya akan membahas tips dan beberapa hal yang harus diperhatikan terkait modifikasi ini.

Advertisement

Yang paling sering dilakukan ketika modifikasi mobil retro adalah restorasi tampilan luar. Pemilik mobil akan mengubah ke bentuk aslinya. Tampilan luar dapat berupa warna, ban, kaca, lampu depan, dan lainnya. Modifikasi eksterior memang tidak sulit tetapi memerlukan ketelitian. Butuh referensi terpercaya agar setiap detail mobil kembali kebentuk asal. Jika Anda kesulitan melakukannya sendiri, terdapat bengkel khusus yang menyediakan restorasi.

Proses modifikasi mobil retro di sisi eksterior membutuhkan waktu lama. Beberapa sparepart seperti tutup lampu dan velg tidak lagi ada di pasaran. Teknisi modifikasi biasa melakukan kanibalisme. Sistem ini adalah menggunakan spare part dari mobil lain yang mirip. Keunggulan sistem ini adalah proses mudah dan tidak butuh lama untuk penyesuaian. Namun, kekurangan yang paling mencolok orisinalitas. Dari luar mobil sudah sama dengan aslinya, tetapi berbeda ketika menelusuri lebih dalam. Ada juga bengkel yang membuat spare part sendiri. Mereka menggunakan material yang umum untuk mobil saat ini. Yang membedakan hanya desain dan peruntukannya.

Mobil lama biasa terkendala masalah mesin dan kondisi interior. Jika Anda berniat untuk menjadikan mobil berfungsi normal, maka modifikasi mobil retro dilakukan pada dua bagian tersebut. Interior mobil retro, terutama keluaran lama, memiliki daya tarik sendiri. Biasanya, pemilik menginginkan cover baru untuk jok. Selain itu, beberapa lapisan dinding dan lantai juga diganti. Pemilik dapat melakukan dua hal yaitu menggunakan warna asli atau tidak. Jika ingin melihat mobil ke bentuk semula, penggunaan warna asli sangat direkomendasikan.

Contoh Gambar Modifikasi Mobil Retro

Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro Modifikasi Mobil Retro

Advertisement

Advertisement

Jangan berharap instrumen dan panel pada dashboard mobil retro serupa dengan mobil masa kini. Pasalnya, mobil ini hanya memiliki sistem berkendara analog. Jadi, ada hal menarik yang mungkin bisa diterapkan pada modifikasi ini. Mobil lama bukan berarti tidak dapat diinstall peralatan terbaru. Salah satunya, Anda bisa menempatkan GPS pada mobil. Selain itu, dashboard dapat diubah ke bentuk lebih modern.

Modifikasi bagian ini tentu membutuhkan biaya tinggi. Pekerjaan seperti ini membutuhkan tangan terampil dari profesional. Yang paling penting dari modifikasi interior adalah kenyamanan. Tampilan baru dan cover jok berkualitas sudah cukup untuk menunjukkan kualitas mobil.

Tips modifikasi mobil retro selanjutnya adalah mesin. Untuk bagian ini, Anda membutuhkan waktu dan biaya yang lebih banyak. Mobil keluaran lama sudah pasti sulit mencari spare part asli. Jika mobil itu dari Eropa, spare part mungkin tidak ada lagi di pasaran. Mobil retro keluaran jepang lebih fleksible dalam penggunaan spare part. Modifikasi mesin bertujuan dua hal.

Yang pertama adalah menjaga mobil agar layak dikendarai dan aman. Yang menarik ketika memodifikasi mesin adalah pergantian total di ruang mesin. Jika pemilik menginginkan mobil lama dengan performa baru, cara ini sangat cocok.

Modifikasi Mobil Lainnya :

Kendala utama ketika mengubah mesin adalah penyesuaian dan kecocokan. Tidak mudah menemukan mesin yang akan dijadikan pengganti dari mobil retro. Agar lebih aman, pakailah mesin dari manufaktur yang sama. Meskipun telah menemukan mesin yang berpotensi cocok, proses modifikasi masih panjang.

Mekanik harus melakukan adjustment agar mobil dan mesin menyatu. Tujuan lain adalah speed competition. Mobil retro bertanding di bagian kecepatan. Kompetisi seperti ini memiliki daya tarik tersendiri. Melihat mobil tua saling adu kecepatan adalah hal yang jarang terjadi.

Dari uraian diatas, tentu sangat jelas bagi pemilik mobil retro untuk memodifikasinya. Jika mereka ingin melakukan modifikasi mobil retro, biaya dan waktu harus dipertaruhkan. Kunjungilah pameran mobil-mobil retro untuk melihat kondisi pasar. Selain itu, Anda dapat melakukan pengamatan terkait desain mobil retro terkini.

Advertisement