10 Tips Merawat Ban Mobil Yang Benar

Advertisement

Tips Merawat Ban Mobil Yang Benar – Mobil memang harus mendapatkan perawatan secara berkala. Perawatan ini dilakukan demi menjaga performa mobil. Semua bagian mobil harus diperlakukan sama. Tidak hanya bagian mesin saja yang selalu diservis, tetapi bagian lainnya juga. Bagian ban mobil bisa diibaratkan sebagai kaki mobil. Jika kaki bermasalah, tentu performa keseluruhan mobil juga akan terganggu. Cara merawat ban mobil sebenarnya sangat mudah. Bahkan, perawatannya tidak membutuhkan teknisi otomotif karena bisa Anda lakukan sendiri. Saat menyervis mobil, sebaiknya mintalah si montir untuk memeriksa kondisi ban mobil. Misalkan ban sudah halus, ini menunjukkan ban harus diganti. Jika tidak diganti, ini tentu akan membahayakan para pengendara mobil.

Advertisement

Umur ban mobil biasanya bisa bertahan beberapa tahun. Hal ini ditentukan juga oleh bagaimana Cara merawat ban mobil yang dilakukan oleh seseorang. Harga ban mobil memang tidak mahal, tetapi bukan berarti Anda tidak harus menjaganya. Kondisi ban yang prima akan sangat berpengaruh pada keamanan berkendara. Jadi, meskipun sepele, kondisi ban mobil juga harus diperhatikan.

Bagaimana Cara merawat ban mobil sederhana yang bisa Anda lakukan? Pengecekan secara berkala bisa dilakukan untuk merawat mobil. Sebenarnya, saat ban mobil mengalami masalah seperti kempes atau bocor, pengendara di dalam mobil pasti akan merasakannya. Anda harus mengganti ban. Atau bisa segera menambal ban yang bocor agar tidak terjadi masalah yang lebih muruk. Perawatan sederhana bisa dilakukan dengan 10 tips merawat ban mobil dibawah ini.

Tips Merawat Ban Mobil Yang Benar dan Mudah

Tips Merawat Ban Mobil

Tips Merawat Ban Mobil

  1. Periksa selalu tekanan angin

Tips merawat ban mobil pertama adalah Jika Anda berencana melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi, jangan lupa periksa kondisi ban. Tekanan angin ban harus pas sehingga tetap aman. Jika tekanan angin tidak standar, ban akan cepat rusak. Lebih dari itu, tekanan angin pada ban yang kurang juga akan meningkatkan penggunaan BBM. Pasalnya, tarikan mobil akan lebih berat. Sebaliknya, jika ban terlalu keras, ini pun akan menimbulkan masalah. Ban terlalu banyak angin akan membuat permukaannya lebih halus. Kondisi ban yang sudah halus juga membahayakan pengendara dan harus segera diganti. Pengecekan tekanan angin sebaiknya dilakukan secara rutin agar ban mobil tidak mudah rusak. Inilah Cara merawat ban mobil yang mudah.

  1. Gunakan Ban sesuai standar

Beda mobil, beda pula ban yang digunakan. Oleh karena itu, gunakan ban sesuai aturan standar. Ban untuk mobil MPV tentu berbeda dengan ban mobil jenis City Car. Bobot dan ukuran mobilnya saja berbeda, sehingga bagian bannya juga harus berbeda. Cara merawat ban mobil sederhana adalah gunakanlah ban standar. Ban yang sesuai dengan aturan dan juga jenis kendaraan.

Advertisement

  1. Lakukan Spooring dan Balancing secara berkala

Selanjutnya tips merawat ban mobil ketiga dengan teknik Spooring dan Balancing yang merupakan teknik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kestabilan bagian ban mobil. Semakin lama dan juga semakin jauh perjalanan mobil akan membuat posisi ban berubah. Perubahan posisi ban ini sering tidak dirasa oleh pengguna. Akibatnya, akan membuat ban mobil bekerja ekstra keras.

Cara Merawat Ban Mobil Baru

Hal ini dapat membuat ban mobil cepat rusak. Oleh karena itu, spooring dan balancing ini harus rutin dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Teknik ini bisa dilakukan setiap 6 bulan sampai dengan 12 bulan sekali. Atau saat mobil telah menempuh perjalanan 10.000 km sampai dengan 15.000 km. Pengecekan secara berkala ini sangat diwajibkan untuk Cara merawat ban mobil.

Advertisement

  1. Rotasi atau tukar ban

Teknik rotasi atau tukar ban ini bisa dilakukan setiap 8000 km. Cara merawat ban mobil ini bisa mencegah terjadinya alus ban mobil yang tak merata. Dengan teknik ini, ban mobil Anda akan terus terjaga. Umur ban pun menjadi lebih lama dari biasanya.

  1. Hindari lubang saat berkendara

Di jalanan-jalanan yang rusak, terkadang ada lubang-lubang kecil di jalan yang mengganggu perjalanan. Saat melintasi daerah jalan yang rusak dan berlubang, kurangilah kecepatan mobil. Menghantam jalan yang berlubang akan membuat ban mobil cepat rusak. Tak hanya itu, suspensi atau bagian shockbreaker juga akan terganggu. Untuk cara merawat ban mobil, Anda harus mengemudikan mobil dengan kecepatan rendah. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan Anda. Jalan berlubang tidak hanya membahayakan mobil, tetapi juga pengendaranya.

  1. Pastikan ban selalu tertutup dengan tutup pentil

Terkadang, beberapa orang tertentu mengabaikan tutup pentil pada ban. Padahal, hal ini akan sangat berpengaruh pada kelangsungan umur ban mobil. Cara merawat ban mobil yang sederhana adalah dengan memastikan ban tertutup oleh tutup pentil. Jika ban tidak tertutup dengan rapat, resiko kehilangan  tekanan angin karena kebocoran udara sangat tinggi. Jika tekanan angin berkurang, ban pun akan lebih mudah rusak. Tutup pentil ban sangat murah. Jadi, jangan tempatkan mobil Anda di sisi yang beresiko karena kelalaian Anda.

  1. Gantilah ban setelah waktunya

Setiap ban mobil memiliki Thread Wear Indicator atau indikasi pemakaian ban. Jika ban mobil memang sudah menunjukkan batas akhir pemakaian, segera ganti ban mobil. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Kapan ban mobil harus diganti? Hal ini tidak bisa ditentukan dalam hitungan tahun. Penggantian ban mobil berbanding lurus dengan pemakaian. Intinya, saat permukaan ban sudah halus, ban harus segera diganti. Permukaan ban mobil yang sudah halus, tetapi tidak diganti akan menyebabkan peningkatan resiko kecelakaan. Cara merawat ban mobil yang sederhana adalah dengan mengganti ban setelah waktunya.

  1. Gaya Mengemudi

Cara Merawat Ban Mobil Bekas

Cara merawat ban mobil juga harus memperhatikan gaya atau teknik mengemudi. Mobil yang sering digunakan untuk “ngebut” pasti akan mudah rusak. Gesekan permukaan ban mobil dengan jalan semakin besar sehingga permukaan mobil akan cepat halus. Gaya mengemudi yang baik dan standar akan memperpanjang umur ban mobil.

  1. Velg masih bagus

Ban menempel pada velg mobil. Kondisi velg yang cacat tentu akan sangat berpengaruh pada ban mobil. Oleh karena itu, pastikan velg mobil masih dalam kondisi yang layak. Dengan demikian, umur ban mobil pun akan semakin panjang. Velg dan mobil adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Pastikan keduanya selalu dalam kondisi yang prima. Ini adalah suatu hal wajib yang harus Anda lakukan untuk cara merawat ban mobil.

  1. Perhatikan beban angkut mobil

Kapasitas angkut mobil sebenarnya sudah diatur sesuai standar. Mengangkut beban yang melampaui batas angkut kendaraan sangat tidak disarankan. Hal ini akan menimbulkan kerusakan pada ban dan juga shocbreaker. Kapasitas angkut yang berlebihan akan memaksa tekanan angin ban. Gesekan putaran pada ban dan aspal pun akan semakin besar. Hal ini akan membuat ban menjadi lebih mudah panas dan halus. Pada shockbreaker, kapasitas angkut akan menekan per secara berlebihan. Hal ini akan menyebabkan bagian ini pun cepat rusak. Cara merawat ban mobil sederhana adalah memperhatikan beban angkut mobil.

Beberapa daftar di atas sangat mudah untuk dilakukan. Sebagian bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan ahli bengkel. Biasanya, pemilik mobil akan melakukan perawatan bulanan. Saat perawatan bulanan ini, pastikan bagian ban mobil pun tidak terlewatkan. Semua kondisi mobil harus dipastikan selalu sempurna. Bagian mesin, ban mobil, shockbreaker, interior, dan bagian lainnya harus dipantau secara berkala. Servis bulanan adalah salah satu tips mudah untuk Cara merawat ban mobil. Demikian adalah informasi penting yang harus diketahui oleh para pengguna mobil. Nantikan berbagai informasi menarik lainnya hanya di sini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin memiliki ban mobil awet. Baca Juga, cara mencuci mobil dan Cat Mobil Terbaik.

Advertisement