7 Tips Kredit Mobil Bekas Agar Di Terima

Advertisement

Tips Kredit Mobil Bekas Agar Di Terima – Tips kredit mobil bekas disini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Saat ini kebutuhan masyarakat akan mobil sudah semakin tinggi. Dengan mobil maka Anda tidak perlu kepanasan dan kehujanan. Anda juga bisa pergi kemana saja dengan mudah dan cepat. Selain itu semua anggota keluarga juga bisa masuk dalam satu kabin. Tentu saja jika Anda memilih family car. Di Indonesia, Anda bisa membeli mobil dengan 2 cara. Anda bisa membeli dengan cash atau kredit. Mobilnya pun bisa yang baru atau yang second atau bekas. Hanya saja tahapannya memang berbeda. Untuk itulah Anda perlu tahu bagaimana membeli mobil bekas secara kredit.

Advertisement

Jangan sampai salah agar Anda tidak rugi. 7 tips kredit mobil bekas bertujuan untuk mempermudah Anda. Ingatlah membeli mobil secara kredit berarti tanggung jawab baru. Anda harus membayar uang muka dan juga cicilan. Cicilan tentu saja harus dibayar hingga lunas. Setelah lunas baru kemudian mobil menjadi milik Anda sepenuhnya.

Saat memutuskan kredit mobil jangan sampai macet. Jika macet maka dealer berhak menarik mobil kembali. Dan juga itu berarti Anda kehilangan uang yang sudah dibayarkan. Jangan ragu untuk berpikir berkali-kali sebelum mengambil keputusan. Terutama jika Anda ingin membeli mobil bekas yang masih tampak baru. Harganya tentu saja relatif lebih tinggi dari pada tahun yang sudah lama. Untuk lebih jelasnya mengenai tips kredit mobil bekas supaya diterima dan dp kecil lihat dibawah ini.

Tips Kredit Mobil Bekas Agar Di Terima Dan DP Kecil

Tips Kredit Mobil Bekas

Tips Kredit Mobil Bekas

  1. Diskon

diskon

Saat Anda membeli mobil baru ataupun bekas mintalah diskon. Hampir semua marketing mobil siap member diskon tertentu. Apalagi jika Anda membeli dengan system kredit. Dengan pembelian kredit maka dealer akan lebih untung dari pada cash. Pembelian kredit akan memberi keuntungan cukup besar untuk dealer dan marketing. Jadi, selalu mintalah diskon. Ini adalah tips pertama dari 7 tips kredit mobil bekas.

Advertisement

  1. Konsultasi dengan Bank / Leasing

leasing

7 tips kredit mobil bekas yang kedua adalah pilih leasing / bank terbaik. Kemudian konsultasikan mengenai skema kredit yang akan Anda ambil. Mintalah rincian mengenai besaran uang muka / DP. Selain itu, minta juga rincian mengenai besaran cicilan per bulan. Begitu juga dengan perhitungan bunga dan jangka waktu kredit. Hal ini sangat penting. Tujuannya agar kredit Anda nantinya tidak mengalami kemacetan. Jika sampai kredit Anda macet maka nama di Bank akan jelek. Hal ini sangat berpengaruh saat lain waktu akan mengajukan kredit.

Usahakan mengatur tanggal cicilan tepat dengan tanggal gajian. Tujuannya agar saat waktu bayar uang sudah langsung tersedia. Sampaikan semua informasi tersebut pada bank atau leasing. Sehingga kedua pihak akan merasa nyaman dan aman.

  1. Cicilan DP

Cicilan

Program cicilan mobil saat ini semakin mudah. Anda bahkan bisa meminta dealer memberikan cicilan uang muka. Setelah uang muka lunas baru kemudian masuk ke proses kredit. Tujuannya agar keuangan Anda tidak berat. Namun, Anda tetap bisa membeli mobil baru bekas. 7 tips kredit mobil bekas yang ketiga ini sangat bermanfaat. Sehingga kebutuhan lainnya tetap bisa berjalan baik.

  1. Pilih Penyedia Kredit Terpercaya

Kredit Terpercaya

Advertisement

7 tips kredit mobil bekas yang keempat adalah selektif dalam memilih pemberi kredit. Anda sekarang bisa dengan mudah menemukan pihak penyedia kredit. Masalahnya ini seharusnya membuat Anda lebih hati-hati. Jika tidak, Anda justru bisa terjebak masalah seperti tertipu. Jangan mudah percaya pada penyedia kredit perorangan. Pilih untuk kerja sama dengan bank, dealer besar atau leasing. Hal ini bertujuan untuk menjaga dana dan mobil yang ada. Banyak kasus dimana uang sudah diberikan mobil tetap hilang. Dan kasus begini jarang sekali ada penyelesaian.

  1. Selektif Memilih Bunga

Bunga Kredit

Tips kredit mobil bekas selanjutnya adalah memilih bunga. Pilih suku bunga yang terkecil. Jangan terburu ingin membeli mobil tanpa memastikan besaran bunga. Jika memilih bunga terlalu besar maka Anda bisa terlilit hutang. Hal ini justru membahayakan. Apalagi untuk yang kondisi keuangannya mepet. Untuk itu, pilih beberapa penyedia kredit. Bandingkan besaran kredit yang diberikan. Pilih yang paling ringan untuk Anda.

  1. Uang Muka & Kemampuan Bayar

Uang Muka

Walaupun ada program cicilan namun ada baiknya Anda menyiapkan dana. Persiapkan sumber uang muka dari mana saja. Jangan lupa sesuaikan besaran uang muka dan cicilan sesuai kemampuan. Jika Anda hanya mampu membayar cicilan kecil maka jangan pilih yang besar. Jangan waktu kredit juga perlu Anda perhitungkan. Semakin lama jangka kredit maka beban bunga semakin besar. Namun jika itu bisa sesuai dengan kemampuan, kenapa tidak? Ini adalah tips kredit mobil bekas yang cukup krusial.

  1. Asuransi

Asuransi

Saat sedang dalam masa kredit jangan lupa ambil fasilitas asuransi. Ini sangat penting untuk berjaga-jaga. Kadang ada kondisi dimana Anda terkena musibah. Misalnya saja kematian atau pencurian. Jika ada asuransi maka ahli waris bisa tenang dan tidak mendapat beban tambahan. Ini adalah tips kredit mobil bekas penting. Namun, sayangnya banyak konsumen yang mengabaikan. Biaya asuransi tidaklah besar namun sangat berguna.

Anda mungkin mempertimbangkan kenapa membeli mobil bekas. Biasanya karena harga yang lebih murah. Namun, saat ini sudah banyak mobil baru murah sebagai program pemerintah. Hanya saja mungkin ketangguhannya kurang sesuai. Jika membeli mobil bekas, pastikan Anda mendapat yang terbaik. Mobil bekas tidak selamanya buruk. Hanya saja kalau Anda membeli mobil bekas yang tidak layak maka rugi. Anda masih perlu memperbaiki berbagai hal. Tentu saja biayanya tidak sedikit. Manfaatkan tips kredit mobil bekas diatas. Jika pintar memilih Anda justru beruntung. Banyak mobil bekas dijual kembali dengan harga mahal. Ini karena sang pemilik pintar merawat dan menjaga.

Tips kredit mobil bekas terlihat sederhana. Namun nyatanya banyak bagian yang sering terlewatkan. Anda bisa konsultasi dengan dealer atau pihak marketing. Biasanya mereka memiliki perhitungan yang mungkin tidak Anda ketahui. Namun, jangan juga terlalu gampang terbujuk rayu. Sering banyak pihak menggoda iman. Padahal yang namanya membeli mobil adalah soal selera. Hanya Anda yang tahu bagaimana caranya mengatur keuangan saat membayar. Karena itu jangan pertaruhkan nama baik demi gengsi. Lebih baik membeli mobil sesuai kemampuan. Dengan begitu Anda akan terbebas masalah keuangan yang pelik.

Tips kredit mobil bekas berikutnya, hindari membeli mobil pada calo. Calo akan mengambil untung sangat besar. Belum lagi dengan banyak biaya yang tidak masuk akal. Tidak perlu terburu-buru. Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lain waktu ketika ada rejeki berlebih Anda bisa membeli yang baru. Saat ini pilih mobil yang sesuai kemampuan. Memaksakan sesuatu tidaklah berguna justru malah menambah masalah. Baca Juga Cara Membersihkan Radiator Mobil dan Cara Merawat Aki Mobil.

Pastikan cek semua kondisi mobil sebelum memutuskan membeli. Tips kredit mobil bekas akan sangat berguna apalagi Anda belum berpengalaman. Perbanyak informasi sebelum memutuskan membeli mobil. Ada banyak sekali jenis mobil yang tersedia. Untuk itu lakukan survey harga dan bunga agar tidak tertipu. Ada banyak cara survey termasuk memanfaatkan media online. Dengan demikian Anda tidak akan membayar terlalu mahal. Jangan lupa buat perjanjian jual beli diatas materai. Ini akan menjadi kekuatan bagi kedua belah pihak termasuk Anda. Jangan sampai melewatkan hal ini agar kalau terjadi sesuatu bisa bertindak. Jangan lupa pilih mobil yang tahunnya tidak terlalu tua. Tujuannya agar kondisinya masih prima dan kuat. Begitu juga biaya perawatan yang tidak begitu besar. Dengan demikian Anda telah membeli mobil bekas rasa baru. Sekian mengenai tips kredit mobil bekas.

Advertisement