10 Tips Beli Mobil Baru Kredit Dan Tunai Yang Tepat

Advertisement

Tips Beli Mobil Baru – Di era yang sudah sangat modern ini, mobil nyatanya bukan lagi menjadi kebutuhan tersier. orang-orang membutuhkan kendaraan sendiri. Terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas padat. Angkutan umum belum bisa menjadi solusi bagi mereka. Hasilnya, mereka harus membeli mobil sendiri. Bagi pemula, mungkin mereka masih bingung ketika ingin membeli mobil. Oleh karena itu, perlu tips beli mobil baru untuk memandu mereka membeli mobil. Seperti apa tips-tipsnya? Simak uraiannya berikut ini. Inilah tips mudah membeli mobil baru yang harus Anda ketahui.

Advertisement

Tips Beli Mobil Baru Secara Kredit dan Tunai

Tips Beli Mobil Baru Kredit Dan Tunai Yang Tepat

Tips Beli Mobil Baru Kredit Dan Tunai Yang Tepat

  1. Argumen Beli Mobil

Tips beli mobil baru pertama versi ulasmobil.com adalah argumen beli mobil. Yang dimaksud argumen beli mobil adalah alasan mengapa Anda ingin membeli mobil. Argumen kini penting sebagai langkah pertama menentukan tipe mobil. Misalnya, jika Anda lebih butuh mobil untuk mengangkut barang, Anda berarti butuh mobil pick up. Mobil jenis ini didesain khusus untuk mengangkut barang. Lalu, misalnya Anda butuh mobil untuk keluarga tercinta, berarti Anda butuh mobil jenis MPV. Mobil baru yang akan Anda beli harus sesuai dengan kebutuhan. Mobil pun nantinya akan lebih berguna.

  1. Siapkan Dana

Dana untuk membeli mobil memang cukup banyak. Oleh karena itu, harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum membeli mobil. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena beli mobil tidak harus secara cash. Kita bisa membeli mobil dengan uang yang lebih sedikit dengan sistem kredit. Membeli kredit memang lebih mudah. Apalagi, Down Payment atau ‘uang muka’ yang harus Anda bayarkan cukup rendah. DP mobil baru bergantung pada harga mobilnya. Rata-rata pihak dealer memberikan DP rendah sekitar 10% hingga 20%. Ada juga dealer tertentu yang memberikan DP sangat rendah, yaitu 0%. Tips beli mobil baru adalah dengan menyiapkan dana awal sekitar Rp 20% dari harga mobil yang akan dibeli.

Berkaitan dengan harga mobil, Anda bisa mendiskusikannya dengan pihak dealer. Beberapa dealer tertentu tidak mematok harga yang kaku. Lakukanlah negosiasi cerdik. Siapa tahu, Anda bisa mendapatkan harga terbaik. Misalnya saja harga awal yang ditawarkan RP 100 juta, Anda bisa tawar menjadi Rp 95 juta saja. Mungkin dealer akan memberikan harga tersebut. Intinya, tips beli mobil baru bisa juga dengan melakukan negosiasi cerdik.

  1. Mencari Informasi Mobil

Di era yang sudah sangat modern ini, tidak susah mencari informasi tentang apa pun. Saat Anda ingin membeli mobil, Anda wajib mencari informasi seputar mobil yang akan Anda beli. Searching di internet terkait mobil-mobil yang Anda kehendaki. Misalnya, Anda ingin mobil MPV. Anda cari brand otomotif mana yang mengeluarkan mobil MPV. Bandingkan mobil MPV dari pabrikan otomotif yang satu dengan pabrikan otomotif lainnya. Carilah mobil terbaik sesuai dengan membutuhan Anda. Tips beli mobil baru harus melewati tahap mencari informasi tentang mobil yang akan dibeli.

Advertisement

  1. Tempat servis dan suku cadang mobil yang dipilih

Pada kenyataannya, banyak mobil yang beredar di pasaran tanpa dilengkapi dengan spare-part. Mobil yang tidak dilengkapi dengan suku cadang tidak disarankan. Hal ini suatu saat akan menyusahkan Anda. Misalnya jika suatu saat mobil Anda mempunyai masalah, dan ada spare-part yang harus diganti. Sementara tidak ada tempat servis suku cadang yang bisa Anda temui. Mobil Anda yang bermasalah pun susah diperbaiki. Oleh karena itu, ketersediaan suku cadang harus benar-benar diperhatikan. Dalam hal ini, beberapa pabrikan otomotif yang mempunyai suku cadang adalah mobil-mobil keluaran pabrikan asal Jepang. Honda, Mitsubishi, Toyota, dan Suzuki lebih gampang menemukan suku cadangnya. Sementara untuk mobil-mobil keluaran Eropa seperti BMW dan juga Mercedez susah menemukan suku cadang yang murah. Tips beli mobil baru tidak boleh mengabaikan tempat servis suku cadang.

Advertisement

  1. Biaya Pemeliharaan

Selain informasi berkaitan dengan spesifikasi dan harga mobil, Anda perlu mencari tahu juga biaya pemeliharaannya. Biaya pemeliharaan ini meliputi banyak hal. Diantaranya biaya bahan bakar, perbaikan kecil penyetelan reguler, bahkan sampai pembayaran pajak tahunan. Pembayaran pajak mobil memang cukup mahal. Perhitungan biaya pajak mobil dipengaruhi oleh beberapa hal. Beberapa hal tersebut diantaranya tahun keluar mobil, merek, kemampuan mesin, dan lain-lain. Pajak mobil BMW tentu berbeda dengan pajak mobil Toyota. Jadi, tips beli mobil baru yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah mencari tahu biaya pemeliharaan mobil. Biaya ini harus Anda persiapkan supaya tidak kewalahan saat harus membayarnya.

  1. Layanan Purna Jual

Setiap brand otomotif yang memiliki layanan purna jual mendapatkan nilai plus. Layanan purna jual ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika mobil mengalami masalah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membawa mobil Anda ke bengkel. Cukup dengan memanfaatkan layanan purna jual dan Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik. Di Indonesia, brand otomotif yang terkenal memiliki layanan purna jual yang baik adalah brand dari Jepang. Honda, Toyota, Daihatsu, memiliki layanan purna jual yang cukup bagus. Tips beli mobil baru sebaiknya memperhatikan terkait layanan purna jual.

  1. Test Drive

Setiap orang yang ingin beli mobil baru, disarankan untuk melakukan test drive. Saat test drive, Anda bisa mengetahui kondisi mobil. Apakah mobil cukup nyaman dikendarai. Lalu, Anda bisa menentukan bagaimana akselerasi mobil yang Anda pilih. Apakah performanya sesuai harapan Anda atau malah sebaliknya. Test drive ini cukup penting sebagai tips beli mobil baru. Sebaiknya Anda tidak boleh melewatkannya.

  1. Perhatikan juga PPnBM

PPnBM adalah Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Berkaitan dengan kewajiban pajak ini memang harus diperhatikan. Anda harus cukup jeli membandingkan harga mobil dan juga pajaknya. Tips beli mobil baru sebaiknya memperhatikan permasalahan PPnBM ini.

  1. Cari Lembaga Pembiayaan yang Perpercaya

Jika Anda sudah menemukan mobil yang cocok untuk Anda dan keluarga tercinta, saatnya membeli mobil. Sebelum membayar, carilah lembaga pembiayaan yang terpercaya. Lembaga yang terpercaya akan membantu Anda memahami teknis pembayaran dan suku bunga. Inilah Tips beli mobil baru yang aman.

Pada umumnya, mobil selalu dibeli dengan cara kredit. Anda harus mengetahui suku bunganya. Ada dealer yang memberikan penawaran bunga 0%. Anda jangan langsung tergiur. Bisa jadi setelah sampai ke dealer penawarannya malah berbeda. Oleh karena itu, tips beli mobil baru menganjurkan Anda untuk memilih lembaga pembiayaan yang terpercaya. Bandingkanlah dealer yang satu dengan dealer yang lain. Hal ini dilakukan agar mendapatkan harga yang sesuai.

  1. Hindari Tukar Tambah Mobil

Aktivitas yang sering dilakukan seseorang adalah dengan tukar tambah mobil bekas ke baru. Untuk tips beli mobil baru, sebaiknya hal ini jangan dilakukan. Saat tukar tambah, Anda akan kesulitan mengetahui harga shahih mobil. Jika ingin membeli mobil baru, jual saja mobil lama Anda terlebih dahulu. Setelah itu, uang hasil penjualan mobil bekas ini digunakan untuk membeli mobil baru. Tukar tambah memang tidak disarankan.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Demikian adalah cara yang sangat mudah untuk Anda yang ingin membeli mobil baru. Membeli mobil tidak sama dengan membeli jeruk di pasar. Perlu ada persiapan dan pertimbangan yang matang supaya mendapatkan mobil terbaik. Sepuluh Tips beli mobil baru di atas bisa Anda aplikasikan untuk mendapatkan mobil terbaik. Sebaiknya, jangan terlalu tergiur dengan penawaran yang manis.

Belilah mobil sesuai yang telah Anda rencanakan. Dealer memang akan memberikan iming-iming tertentu bagi setiap calon pembeli. Anda harus berpendirian kuat supaya bisa mendapatkan mobil sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa bernegosiasi dengan keluarga tercinta saat ingin membeli mobil. Argumen mereka bisa dijadikan pertimbangan saat akan membeli mobil. Demikian adalah runtutan tips beli mobil baru untuk Anda.

Advertisement