Review Honda Brio sebagai Salah Satu Varian Mobil LCGC

Advertisement

Review Honda Brio – Kendaraan bermotor banyak dibutuhkan masyarakat untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Kendaraan tersebut bisa digunakan untuk mempercepat mobilitas. Sehingga ketika ingin menuju suatu tempat bisa ditempuh dalam waktu singkat. Salah satu kendaraan bermotor yang diminati adalah mobil. Mobil yang memiliki banyak peminat adalah Honda Brio. Memang jumlah pengguna motor semakin meningkat di jalanan. Akan tetapi, peminat mobil juga tidak kalah dibandingkan dengan peminat motor. Hal ini dikarenakan mobil merupakan kendaraan yang memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Mobil mampu melindungi dari panas matahari dan debu jalanan. Tanpa perlu memakai helm, pengendara sudah terhindar dari polusi di jalan. Selain itu, mobil bisa memuat lebih banyak orang di dalamnya. Sehingga berkendara pun bisa semakin ramai bersama keluarga atau teman.

Advertisement

Mobil Honda terbilang cukup sukses di pasaran otomotif. Hampir semua orang pasti mengetahui jenis mobil yang satu ini. Mobil tersebut merupakan produksi dari Honda yang berasal dari Jepang. Di Indonesia sendiri, mobil produksi Honda mendulang kesuksesan tinggi. Honda juga ingin terus meningkatkan pencapaian produksi mobilnya. Mereka pun akhirnya memproduksi mobil jenis hatchback terbaru. Mobil tersebut tidak lain adalah mobil Honda Brio. Mobil jenis ini merupakan salah satu produk andalan dari Honda. Ia memiliki performa yang cukup lincah meskipun ukurannya mungil. Tampilan luar mobil ini pun tampak semakin trendi. Desain eksterior yang bergaya membuat pengendara percaya diri saat berkendara.

Spesifikasi dan Review Review Honda Brio

Spesifikasi Review Honda Brio

Memang dimensi mobil tidak bisa hanya dilihat dari ukurannya saja. Hal ini dibuktikan oleh mobil Honda Brio berkonsep small city car. Kemunculan mobil ini terbilang paling akhir dibanding dua pesaing utamanya. Meskipun demikian, mobil jenis mampu menghadirkan produk yang spesial. Brio merupakan salah satu varian mobil Low Cost Green Car. Ia mengusung konsep city car berdesain lebih sporty dan fresh. Mobil tersebut sangat cocok untuk dipakai oleh anak-anak muda. Bodinya berkonsep runcing kedepan dipadu dengan fascia sporty. Pada bagian belakang mobil juga dibekali fitur new rear glass. Fitur ini menambah tampilan Honda semakin menarik dan juga modis. Fitur-fitur yang diusungnya juga menggunakan teknologi yang cukup canggih. Tidak heran jika Brio cukup digandrungi oleh banyak kalangan.

Selain itu, dapur pacu mobil ini menawarkan performa yang tangguh. Dapur pacu Honda Brio akan dibahas lebih lanjut lagi nanti. Ada dua tipe Brio yang ditawarkan kepada konsumennya. Tipe yang pertama adalah tipe 1.2 L. Sedangkan untuk tipe yang kedua adalah 1.3 L. Tipe 1.3 L adalah tipe sporty mobil jenis ini. Tidak hanya itu, warna yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Beberapa diantaranya adalah warna Alabastar Silver Metalic dan Rallye Red. Warna lainnya adalah Sunset Orange dan Crystal Black Pearl. Ada juga warna Polished Metal Metalic serta warna Taffeta White.

Advertisement

Review Spesifikasi Honda Brio

Review Review Honda Brio

Lanjutan dari Review Honda Brio dimana Mobil Honda Brio menggunakan mesin 1.2 L SOHC silinder segaris. Mesin tersebut ditambah pula dengan 16 katupi-VTEC + DBW. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 88 Ps pada putaran 6000 rpm. Kapasitas isi silindernya mampu mencapai 1.198 cc. Sedangkan torsi maksimumnya adalah 109 Nm pada putaran 4500 rpm. Dapur pacu Brio tersebut telah mematahkan anggapan salah masyarakat. Mobil ini mematahkan anggapan tentang mobil LCGC yang kurang bertenaga. Mesin yang diusung Brio juga lebih tangguh di berbagai medan. Tidak hanya itu, konsumsi bahan bakarnya pun terbilang lebih irit. Brio juga didukung oleh inovasi desain pada selubung piston. Inovasi tersebut adalah Patterned Skirt Coating. Ia mampu mengurangi kemungkinan gesekan. Ia juga mampu meredam bising untuk memaksimalkan kemampuannya.

Honda Brio memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Dimensinya adalah panjang 3.610, lebar 1.680, tinggi 1.485 bersatuan millimeter. Berat kosong mobil ini adalah sebesar 930 kg. Dengan dimensi yang sedemikian rupa Brio mampu menampung 5 orang. Mereka bisa duduk dengan nyaman di dalam kabin mobil. Untuk jarak sumbu roda mobil Brio adalah sepanjang 2.345 milimeter. Sebagai mobil LGCG daerah perkotaan jarak sumbu rodanya terbilang pendek. Namun, mobil ini tetap tampil tangguh di jalanan. Ketangguhannya tetap mampu membuat para penumpangnya merasa nyaman di dalamnya. Hal ini dikarenakan ia memiliki jarak terendah dengan tanah yang pas. Pada mobil ini diaplikasikan velg baja dengan diameter 14 inci. Velg tersebut dibalut dengan ban yang berukuran 175/65.

Advertisement

Pembahasan Harga

Mobil Brio dari Honda memiliki beragam harga yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan Brio memiliki beberapa macam tipe. Ada empat tipe yang memiliki harga di bawah 150 juta. Tipe yang paling murah adalah Brio Satya A M/T. Ia dibandrol dengan harga Rp 114.900.000. Yang kedua adalah Brio Satya S M/T seharga Rp 119.900.000. Selanjutnya adalah Brio Satya E M/T dengan harga Rp 125.900.000. Yang terakhir adalah Brio S A/T dengan harga Rp 149.600.000. Untuk tiga tipe lainnya dibandrol dengan harga di atas 150 juta. Yang pertama adalah tipe Brio E A/T dengan harga Rp 157.600.000. Tipe kedua adalah Brio Sports M/T seharga Rp 172.000.000. Harga tertinggi adalah Rp 182.000.000 untuk Brio Sports A/T.

Dari beberapa harga yang ditawarkan, tipe Satya paling digemari. Selain harganya yang cukup bersaing, fitur yang dimilikinya cukup lengkap. Bagi masyarakat Indonesia, harga-harga yang ditawarkan tersebut terbilang kompetitif. Pada intinya, tipe Brio matic memiliki harga lebih mahal daripada manual. Perbedaan harga mobil Brio tidak terlalu mempengaruhi performa pada mesinnya. Anda bisa memilih Brio tipe apa yang sesuai dengan pilihan Anda. Pastikan Anda menyesuaikannya dengan kesediaan dana serta kebutuhan Anda.

Kelebihan yang Dimiliki Honda Brio

Harga Review Honda Brio

Kelebihan pertama mobil Brio adalah desainnya yang sporty. Tidak hanya itu, karakter bodinya pun cukup agresif. Ia mampu menampilkan kecantikannya melalui desain headlight mulitireflektor. Desain ini adalah desain tiga dimensi yang cukup lebar. Saat berkendara di malam hari, ia mampu memancarkan cahaya secara maksimal. Framenya yang berbentuk sabuk juga dilebur warna krom. Hal ini membuat Brio tampak sangat eksklusif. Bodinya juga cukup minimalis tanpa banyak lekukan di bagian samping mobil. Mobil Brio juga didukung oleh suspense yang berkualitas. Suspense berkualitas ini bisa membuat pengemudi dan penumpang tetap nyaman. Selain itu, sistem pengereman juga cukup efektif. Sehingga ketika mobil direm mendadak, ia mampu mempertahankan kestabilannya.

Anda tidak perlu heran jika mobil Honda Brio memiliki performa yang bertenaga. Tidak perlu khawatir pula karena mobil ini cukup irit bahan bakar. Ia juga hadir dengan dukungan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Teknologi rangka bodi yang diusungnya adalah G-Con + ACE. Teknologi tersebut akan memberikan perlindungan maksimal bagi pengendara dan penumpang. Standar keamanan lainnya adalah Side Impact Beam dan Dual Front SRS Airbags. Tidak hanya itu saja, ada juga Pedestrian protection pada mobil. Brio juga memiliki Wave Key untuk semua tipenya. Untuk tipe Brio S dan E, ia menggunakan Alarm System. Brio juga dilengkapi dengan fitur lengkap untuk fungsi multimedia.

Kekurangan Honda Brio

Desain Review Honda Brio

Terlepas dari kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, Honda Brio juga memiliki kekurangan pada bahasan Review Honda Brio. Yang pertama adalah mengenai akselerasi dan kecepatan mobil. Akselerasi serta kecepatan tinggi pada mobil dirasa kurang cocok. Kekurangan yang kedua adalah mobil ini masih terasa lambat untuk mencapai 100 kilometer. Selain itu, bahan yang digunakan untuk bodi mobil juga terbilang cukup tipis dibanding mobil lainnya.

Baca Juga : 15 Modifikasi honda Jazz Terbaik

Kekurangan Honda Brio yang lain adalah pada central locknya. Saat melaju, central lock tersebut tidak mengunci secara otomatis. Tidak hanya itu, pada kaca bagian belakang juga tidak dilengkapi wiper. Selanjutnya, bagasi mobil jenis ini juga tergolong cukup sempit. Sehingga pengendara kurang leluasa menaruh barang-barang di bagasi. Padahal bagasi sangat dibutuhkan terutama untuk bepergian jauh.

Itulah review Honda Brio yang cukup populer bagi masyarakat. Dengan mengetahui beberapa spesifikasinya, Anda bisa menentukan tingkat kebutuhan Anda terhadap mobil ini. Harganya pun juga cukup beragam. Ada harga di bawah 150 juta hingga lebih dari 150 juta rupiah. Anda bisa menyesuaikannya sesuai budget yang ada. Honda Brio juga memiliki kelebihan-kelebihan yang menarik. Namun, ia juga memiliki beberapa kekurangan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membelinya.

Advertisement