10 Mobil Antik Termahal di Dunia Juli 2017

Advertisement

Mobil Antik Termahal di Dunia Model Baru – Pada umumnya, semakin tua usia sebuah mobil maka akan semakin murah harganya. Hal ini wajar mengingat perkembangan teknologi telah melahirkan spesifikasi mobil yang lebih baik. Akan tetapi, berbeda ceritanya pada daftar mobil antik termahal berikut. Meskipun telah memiliki usia yang sangat tua, mobil tersebut dipatok dengan harga yang terbilang fantastis. Apabila kita melihat spesifikasi mesinnya, sudah jelas akan kalah dengan mesin pada kendaraan modern. Performa kendaraannya pun tidak lebih baik dibandingkan mobil terbaru keluaran pabrik ternama. Permintaan pasaran global saat ini terfokus pada penggunaan mesin yang handal dan performa yang nyaman. Lalu apa yang menyebabkan mobil tersebut memiliki harga yang jauh lebih tinggi?

Advertisement

Terdapat berbagai alasan mengapa mobil antik memiliki harga yang tinggi meskipun spesifikasinya rendah. Alasan utamanya adalah karena mobil antik tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Suku cadang kendaraan yang sesuai pun sudah jarang ditemui. Seiring berjalannya waktu, jumlah mobil antik yang tersisa juga semakin menurun. Karena alasan tersebut, jumlah mobil antik yang tersisa sangat terbatas. Sesuai dengan hukum pasar, semakin sedikit produk yang tersedia, semakin mahal harganya. Oleh karena itu, banyak kolektor berlomba mengumpulkan mobil antik termahal untuk melengkapi koleksi mereka. Tidak hanya itu saja, desain klasik yang dimiliki oleh mobil antik merupakan daya tarik tersendiri.

Bagi Anda yang berminat mengoleksi mobil antik, tentunya Anda harus menyiapkan budget yang cukup banyak. Belum lagi menghadapi persaingan ketat antar para pecinta mobil antik. Karena sudah tidak diproduksi lagi, beberapa model mobil antik dijual dengan cara dilelang. Dengan tingginya persaingan antar kolektor, tentunya hal ini mengakibatkan harga mobil tersebut semakin melejit. Apabila Anda berhasil mendapatkan mobil antik, maka Anda juga perlu memperhatikan perawatannya. Perawatan mobil antik berbeda dengan perawatan mobil modern. Kerumitan perawatan pada mobil antik membutuhkan perhatian khusus. Berikut ini adalah daftar sepuluh mobil antik termahal di dunia dengan harga yang fantastis.

Daftar Mobil Antik Termahal di Dunia

Mobil Antik Termahal

  1. 250 Ferrari Testa Rossa

250 Ferrari Testa Rossa

Advertisement

Saat ini, kita mengenal Ferrari sebagai produsen kendaraan dengan desain sporty yang menawan. Ternyata, pabrik ini telah memproduksi mobil yang mengutamakan keindahan desain sejak lama. Pabrik asal Italia ini memproduksi beberapa mobil antik termahal di dunia. Salah satunya adalah 250 Ferrari Testa Rossa. Mobil seri ini pertama kali diproduksi pada tahun 1957. Pada saat itu saja, Ferrari hanya memproduksi tidak lebih dari 22 unit saja. Mesin yang pada saat itu disisipkan pada kendaraan ini adalah mesin V12 dengan kapasitas 3.0 liter. Mesin luar biasa tersebut mampu memproduksi hingga 300 hp. Dengan tenaga sebesar itu, kendaraan ini mampu berakselerasi dengan kecepatan yang tinggi. Berminat untuk memiliki kendaraan ini? Anda hanya perlu mempersiapkan budget sebanyak 7,04 juta euro saja.

  1. Ferrari 250 GTO

Ferrari 250 GTO

Disamping Ferrari 250 Testa Rossa, Ferrari juga memiliki mobil antik lainnya. Yakni 250 GTO lah yang juga layak dinobatkan sebagai mobil antik termahal produksi Ferrari. Pada saat pertama kali dirilis, mobil ini dibanderol dengan harga US$ 80,000. Seiring bertambahnya usia, harga kendaraan ini melejit beberapa kali lipat hingga mencapai angka US$ 38,115,000. Apabila dirupiahkan, harga tersebut mencapai angka 446 miliar rupiah. Mobil dengan warna merah tua ini memiliki desain sporty yang merupakan ciri khas Ferrari.

  1. Duesenberg Model J Murphy-Bodied Coupe

Duesenberg Model J Murphy Bodied Coupe

Daftar mobil antik termahal kita berlanjut dengan Duesenberg Model J Murphy-Bodied Coupe. Mobil dengan desain klasik ini pertama kali dirilis ke pasaran pada tahun 1829. Yang menarik dari mobil dengan kapasitas dua orang ini adalah desain yang digunakannya. Desain klasik kendaraan mampu menarik minat para kolektor mobil antik dari seluruh dunia. Seperti halnya kebanyakan mobil antik kala itu, desain mobil menyertakan roda cadangan pada eksterior desainnya. Sedangkan roda mobil ini menggunakan ban berwarna putih yang terlihat serasi dengan body hitam kendaraan. Saat ini, mobil tersebut dijual dengan harga US$10,34 juta atau setara dengan 140 miliar rupiah.

  1. Bugatti Royale Type 41 Kellner Coupe

Bugatti Royale Type 41 Kellner Coupe

Bugatti Royale Type 41 Kellner Coupe dimasukkan ke dalam mobil antik termahal karena beberapa alasan. Salah satu alasannya adalah karena mobil ini hanya diproduksi sebanyak enam unit saja. Sesuai dengan nama yang disandangnya, kendaraan ini diciptakan untuk kaum bangsawan saja. Karena jumlah awalnya sangat sedikit, harga saat itu sudah sangat tinggi. Sekarang, mobil ini dapat Anda miliki dengan mengeluarkan uang sebanyak 133 miliar rupiah. Desain mobil antik ini masih menggunakan desain klasik. Roda cadangan yang pada umumnya disertakan pada eksterior kendaraan, tidak ditemukan pada versi ini.

  1. Mercedes Benz 540 K Special Roadstar (1937)

Mercedes Benz 540 K Special Roadstar (1937)

Advertisement

Sebagai produsen kendaraan berkualitas, tidak mengherankan apabila Mercedes Benz juga memproduksi mobil antik termahal dunia. Salah satu seri mobil yang dimaksud adalah Mercedes Benz 540 K Special Roadstar. Versi kendaraan klasik ini dirilis di dua tahun yang berbeda. Versi rilis pada tahun 1937 dibanderol dengan harga US$ 9,68 juta atau sekitar 131 miliar rupiah. Mobil dengan dua tempat duduk ini diproduksi hanya beberapa unit saja pada waktu itu. Ciri khas utama pada desain kendaraan adalah kurva halus yang menghubungkan di sepanjang sisi kendaraan.

  1. Ferrari Testa Rossa Prototype

Ferrari Testa Rossa Prototype

Daftar mobil antik termahal di dunia ini tidak hanya mencantumkan Ferrari Testa Rossa saja. Versi purwarupa dari kendaraan model tersebut juga dimasukkan ke dalam daftar. Seperti halnya beberapa versi purwarupa lainnya, kendaraan ini diproduksi dalam jumlah terbatas. Beberapa dari kendaraan tersebut hanya sedikit sekali yang bertahan hingga saat ini. Karenanya, tidak mengejutkan apabila mobil bergaya sporty ini memiliki label harga US$ 16,39 juta. Harga tersebut kurang lebih setara dengan 222 miliar rupiah. Bukan hanya karena faktor kelangkaan, mobil ini mahal juga karena spesifikasi mesin yang digunakannya.

  1. Mercedes Benz 540 K Special Roadstar (1936)

Mercedes Benz 540 K Special Roadstar (1936)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Mercedes Benz memproduksi mobil antik pada dua tahun yang berbeda. Mercedes Benz 540 K Special Roadster versi tahun 1936 memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan adiknya. Kendaraan ini dihargai sebesar US$ 11,77 juta atau sekitar 160 miliar rupiah. Mobil dengan kapasitas dua penumpang ini ditawarkan terakhir kali pada pelelangan tahun 2012. Meskipun memiliki kesamaan desain yang mendasar dengan saudaranya, versi ini menggunakan warna hitam. Kendaraan ini dahulunya hanya dipakai sebagai mobil bangsawan Prussia.

  1. Ford GT40 Gulf Mirage

Ford GT40 Gulf Mirage

Beberapa mobil antik termahal pada daftar kita memiliki desain klasik yang elegan. Akan tetapi, Ford GT40 Gulf/Mirage merupakan satu-satunya mobil antik dengan desain sporty yang modern. Tanpa mengabaikan faktor kenyamanan, model ini terkenal akan kehebatannya di lintasan pada masa itu. Meskipun demikian, pergeseran waktu telah merubah kendaraan tangguh ini menjadi sebuah mobil antik. Sebagai sebuah mobil antik, produk ini memiliki harga sekitar US$ 11 juta. Apabila kita menggunakan nilai tukar rupiah sekarang, harga model ini lebih dari 150 miliar rupiah. Harga yang cukup mengagumkan untuk sebuah kendaraan yang pernah merajai lintasan.

  1. Ferrari 250 GT California LWB Competizione Spider

Ferrari 250 GT California LWB Competizione Spider

Sekali lagi, Ferrari mendominasi deretan mobil antik termahal dunia. Ferrari 250 GT California LWB Competizione Spider. Kemampuan Ferrari dalam melahirkan kendaraan dengan desain sporty yang elegan nampak jelas pada model ini. Pada masa itu, mobil sporty memiliki desain yang ramping dan panjang. Akan tetapi, Ferrari membuat inovasi terbaru dengan memproduksi mobil sport dengan tampilan yang garang. Dimensi kendaraan ini lebih lebar dibandingkan saingannya pada saat pertama kali dirilis ke pasaran. Karena desain lebar itu, ruang untuk penumpang menjadi lebih leluasa. Warna merah yang mencolok menjadikan tampilan produk ini menjadi lebih menarik lagi. Harga kendaraan model ini adalah US$ 11,275 juta atau 151 miliar rupiah.

  1. Ferrari 250 GT SWB California Spyder

Ferrari 250 GT SWB California Spyder

Di ujung daftar mobil antik termahal kita ada mobil karya Ferrari. Perusahaan dengan lambang kuda ini memproduksi Ferrari 250 GT SWB California Spyder. Harga terakhir di pelelangan 2008 untuk mobil antik ini adalah US$12,5 juta. Harga itu setara dengan 245 miliar rupiah. Apabila dilihat sekilas, desain mobil antik karya Ferrari ini tidak memiliki sistem aerodinamis yang mumpuni. Namun berkat konfigurasi mesin yang cerdas, mobil ini mampu melesat dengan cepat. Beberapa saingannya pada saat itu masih mengembangkan sistem konfigurasi mesin untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

Dari daftar mobil antik termahal di atas, terlihat seberapa mahal harga sebuah mobil antik. Anda perlu tahu bahwa harga tersebut masih bisa naik lagi. Seiring bergantinya waktu harga mobil antik akan semakin tinggi. Salah satu alasan terjadinya fenomena ini adalah faktor usia. Harga sebuah produk antik dinilai dari seberapa tua usia produk tersebut. Kolektor mobil antik yang menyimpan koleksinya dalam waktu yang lama akan memperoleh laba yang besar. Oleh karena alasan ini, beberapa kolektor menganggap membeli mobil antik merupakan sebuah investasi. Untuk menjaga agar aset yang diinvestasikan dapat terjaga, barang koleksi harus diperlakukan dengan baik.

Terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjaga kualitas barang koleksi yang telah berumur. Salah satu cara yang populer di kalangan mobil antik termahal adalah dengan menggunakan kendaraan tersebut. Apabila digunakan secara benar, kualitas mobil antik tidak akan menurun. Tentunya penggunaan ini dilakukan hanya pada kesempatan tertentu saja. Kondisi jalan yang digunakan juga merupakan jalan khusus yang terkondisi. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi peristiwa yang tidak diinginkan. Kondisi mobil antik diperiksa sebelum dan sesudah penggunaan untuk melihat perubahan. Penggunaan kendaraan secara berkala ini merupakan bagian dari perawatan mobil antik. Penggunaan ini sangat penting karena mesin akan cepat rusak apabila mesin tersebut tidak pernah diaktifkan.

Pilihan Menarik Lainnya : Mobil Offroad Terbaik Dikelasnya

Akan tetapi, tidak semua mobil antik menjalani perawatan dengan cara serupa. Beberapa mobil tertentu tidak dapat dijalankan sama sekali karena sudah tidak ada suku cadang yang sesuai. Apabila hal ini terjadi, maka perlu digunakan suku cadang pengganti. Suku cadang buatan tersebut tentunya tidak otentik. Meskipun demikian, harga produksi suku cadang secara independen dengan spesifikasi tertentu tidaklah murah. Tidak mengherankan apabila perawatan mobil antik termahal tersebut membuat harganya bertambah mahal setiap tahunnya.

Advertisement