Harga Toyota Calya dan Spesifikasi September 2017

Advertisement

Harga Toyota Calya dan Spesifikasi – Saat ini, dunia otomotif tengah diguncangkan dengan kehadiran Toyota Calya. Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan kenamaan Toyota? Produsen Toyota memang dikenal selalu memberikan kualitas terbaik untuk produknya. Tak hanya dari segi mesin, desainnya juga sangat mumpuni. Mobil ini berkonsep LCGC sehingga memiliki spesifikasi yang tinggi. Nama Calya berasal dari gabungan antara mobil Agya dan Ayla. Wajar jika semakin banyak orang yang penasaran dengan spesifikasinya.

Advertisement

Banyak sumber yang mengatakan bahwa Toyota Calya adalah kesempurnaan. Artinya adalah bahwa mobil ini merupakan penyempurnaan dari mobil-mobil sebelumnya. Mobil LCGC memiliki banyak sekali kelebihan. Beberapa diantaranya adalah BBM yang irit dan harga yang murah. Meskipun konsumsi BBM irit, mobil ini memiliki mesin yang tangguh. Sehingga sangat cocok dikendarai di daerah perkotaan.

Dilihat dari teasernya, mobil Toyota ini memiliki desain yang stylish. Mobil ini memiliki  grille depan berukuran besar. Grille tersebut tentu akan membuat pendinginan mesin lebih cepat. Calya memiliki bodi yang hampir sama dengan mobil Toyota lainnya. Hanya saja dibuat lebih modern dan elegan. Sebagai generasi penyempurna, Calya diusung dengan mesin yang lebih tangguh.

Calya memiliki emblem khas dari mobil LCGC di atas bumper. Indonesia memang tengah menerapkan standarisasi mobil LCGC. Hal ini dikarenakan mobil LCGC memang ramah lingkungan. Walaupun ada emblem tersebut, tidak begitu mempengaruhi tampilannya. Justru, membuat mobil ini semakin khas Indonesia. Untuk pencahayaan, Calya dibekali dengan dua headlamp. Headlamp ini memiliki bentuk yang besar.

Interior Luas Dan Tampil Sporty

Pencahayaan ini hampir menyerupai headlamp yang ada pada New Avanza. Sisi samping mobil tidak tinggi namun memanjang ke bagian belakang. Desain tersebut tentu menyesuaikan kapasitas penumpang yang disediakan. Toyota Calya mampu diisi dengan kapasitas maksimal 7 penumpang. Kapasitas tersebut tentu terbilang sangat besar. Maka wajar jika mobil ini dilirik pengguna mobil keluarga. Model stop lamp Calya juga didesain dengan sangat menawan. Sehingga menampilkan kesan sporty dan modern. Penasaran dengan spesifikasinya? Berikut ulasan lengkapnya.

Advertisement

Toyota Calya dibekali dengan mesin bertipe 3NR-FE. Mesin ini tentu hampir serupa dengan milik Etios Valco. Mobil Toyota ini diusung dengan mesin teknologi Dual VVT-i. Kapasitas silinder yang disediakan adalah 1.2 liter. Dengan teknologi mesin tersebut, tenaga yang dikeluarkan pastinya bertenaga. Calya menggunakan transmisi otomatis. Rasio kompresinya memiliki perbandingan 11,5 : 1. Dengan begitu, akselerasi akan terasa sangat mudah dan cepat. Selain itu, mobil ini juga didukung dengan teknologi Dual VVT-i. Teknologi tersebut memungkinkan untuk membuat pemakaian BBM lebih irit. Bahkan, juga sangat ramah lingkungan.

Memiliki Fitur Yang Lengkap

Hal ini dikarenakan proses pembakaran dalam ruang mesin yang sempurna. Toyota juga menyediakan mobil ini dalam varian yang lebih rendah. Varian yang lebih kecil itu bertipe mesin 1.0 liter. Mesin yang digunakan adalah jenis 1KR-FE. Sementara untuk transmisinya, digunakan transmisi manual. Serupa dengan Toyota Agya yang juga menggunakan transmisi manual. Varian tersebut tentu menambah pilihan Anda untuk membeli mobil Calya. Karena harga antara varian 1.2 liter berbeda dengan 1.0 liter. Pengguna dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan dana yang disediakan.

Dari segi keamanan, mobil ini dibuat dengan fitur yang lengkap. Fitur immobilizer adalah fitur keamanan yang tersedia di mobil Calya. Immobilizer berfungsi untuk menjaga mobil dari pencurian. Kemudian tertanam pula fitur Dual Arbags. Fitur ini berguna sebagai antisipasi saat terjadi tabrakan bagian depan. Toyota juga melengkapi mobilnya ini dengan interior yang canggih. Pada bagian dalam, tertanam fitur AC Double Blower. AC ini memungkinkan kabin untuk tetap sejuk meskipun cuaca panas. Mobil ini juga dibekali dengan hiburan untuk menghilangkan rasa bosan. Terdapat head unit yang bisa dikoneksikan melalui blutooth. Dengan begitu pengguna dapat menyetel hiburan seperti musik dengan mudah.

Review Spesifikasi dan Harga Toyota Calya

Spesifikasi Toyota Calya

Toyota Calya

UKURAN
Panjang 4,070
Lebar 1,655
Tinggi 1,600
Jarak Poros Roda 2,525
Jarak Pijak 630
Jarak Pijak 915
KERANGKA
Transmisi 5-Speed Manual
Gear Ratio 1st 3.417
Gear Ratio 2nd 1.960
Gear Ratio 3rd 1.250
Gear Ratio 4th 0.917
Gear Ratio 5th 0.707
Gear Ratio 6th
Gear Ratio Reverse 3.143
Gear Ratio Final 5.077
Suspensi Depan MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Drum
Steering Gear Rack and Pinion
Ukuran Ban 175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
MESIN
Seri Mesin 3NR
Tipe Mesin In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder 1,197
Diameter x Langkah
Daya Maksimum 88 / 6,000
Torsi Maksimum 11 / 4,200
Kapasitas Tangki 36
Steering Electronic Power Steering (EPS)

Melihat spesifikasi yang diusung, ada cukup banyak kelebihan Toyota Calya. Kelebihan pertama adalah kabin yang lega. Mobil ini memiliki kabin yang lebih lega daripada mobil Datsun. Sehingga sangat cocok dikendarai oleh keluarga. Selain itu, fitur yang disediakan juga sangat lengkap. Fitur-fitur yang disediakan bahkan termasuk dengan fitur keamanan yang tinggi. Memang, varian terendah mobil Calya tidak dilengkapi AC double blower. Namun, masih ada air circulator yang membuat kabin terasa sejuk. Desainnya yang praktis juga menjadi kelebihan tersendiri bagi mobil Calya. Kursi belakang dapat dilipat. Kursi tengah juga didukung dengan fitur sliding. Semua kepraktisan itu bisa dilakukan hanya dengan one touch tumble.

Advertisement

Review Toyota Calya

Bahkan sabuk pengaman yang disediakan juga sangat praktis. Karena sangat mudah dan ditarik dan tidak mengganggu penampilan kursi. Menariknya, kelebihan mobil Calya ini juga adalah pada sektor keamanannya. Meskipun dibanderol dengan harga murah, tersedia fitur keselamatan yang lengkap. Mobil Calya dibekali dengan rem depan cakram dan rem ABS. Dimana dengan rem tersebut, pengendara tentunya akan aman. Selain itu, terdapat pula dua buah airbags. Fitur keamanan Calya lainnya adalah Side impact beam dan kursi ISOFIX. Ada pula immobilizer serta 7 buah seatbelt.

Kelebihan lainnya adalah bagasi yang sangat lega. Mobil Calya dapat menampung 3 galon sekaligus di bagasi. Bahkan, bagasi tersebut masih bisa ditambah satu tas lagi. Jika kursi belakang dilipat, maka bagasi akan lebih luas. Kelebihannya, terdapat door handle pada pintu belakang. Yang mana sangat sulit ditemukan pada mobil murah.

Tentunya, harga Toyota Calya yang terjangkau menjadi kelebihannya. Mesinnya yang irit BBM juga menjadi salah satu kelebihan mobil Calya. Pengguna yang suka memodifikasi mobil juga tidak perlu khawatir. Sebab sparepart mobil ini sangat mudah dicari. Selain kelebihan, tentu mobil Toyota ini memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut?

Warna Toyota Calya

[huge_it_gallery id=”3″]

Kekurangan Toyota Calya ada pada bodinya yang terlalu tipis. Hal ini sangat wajar, mengingat harganya yang sangat terjangkau. Namun, pada kenyataannya bodi tipis tidak begitu menjadi masalah. Sebab sudah banyak mobil yang memakai teknologi high tensile steel. Meskipun tipis, teknologi ini sangat kuat dan tangguh. Kekurangan mobil Calya ini juga ada pada pengisian bahan bakarnya. Calya diusung dengan standar yang ditentukan pemerintah. Mobil Calya diharuskan untuk menggunakan BBM pertamax. Kekurangan lainnya ada pada mesinnya yang berkapasitas kecil. Dibekali dengan mesin 1.200L, tentunya terbilang cukup minim. Mesin tersebut hanya mampu memuntahkan 88 PS pada rpm 6.000. Sedangkan torsi maksimalnya hanya 109 NM pada rpm 4.800. Meskipun begitu, mobil ini tetap dapat melaju dengan bertenaga. Namun, Calya sepertinya hanya cocok dikendarai pada jalanan perkotaan.

Head rest yang disediakan masih menyambung. Sehingga membuat penumpang tidak begitu nyaman. Apalagi, posisinya juga terlalu rendah. Maka wajar jika penumpang akan mudah merasa pegal saat duduk. Sama halnya dengan penumpang, posisi pengendara juga kurang nyaman. Pasalnya, posisi duduk dan stirnya tidak bisa diubah. Perjalanan jauh tentu akan membuat pengemudi cepat lelah. Tidak tersedianya corner sensor juga menjadi kekurangan mobil Calya. Corner sensor memudahkan pengguna dalam hal parkir. Padahal, sudah banyak mobil sekelasnya yang menggunakan teknologi tersebut.

Corner sensor sangat berguna untuk pengendara yang baru belajar. Kekurangan Toyota Calya yang jelas terlihat tentu saja ada pada bannya. Mobil ini memiliki ukuran ban yang terlalu kecil. Dimana ban yang digunakan berukuran 195/65. Sementara velg yang dipakai hanya berdiameter 14 inci. Ban yang terlalu kecil akan membuat mobil tidak terlihat gahar. Lalu, berapa harga terbaru dari mobil buatan Toyota ini?

Harga Toyota Calya

Harga Toyota Calya

Tipe Harga
Toyota Calya E MT Rp. 132.450.000
Toyota Calya E AT Rp. 145.450.000
Toyota Calya G MT Rp. 138.000.000
Toyota Calya G AT Rp. 150.000.000

Catatan !

  • Harga Toyota Calya diatas adalah Harga OTR Jakarta
  • Harga bisa saja berbeda di kota lainnya

Belum ada pernyataan resmi dari pihak Toyota terkait mobilnya ini. Namun, informasi menyebutkan bahwa mobil ini disediakan dalam dua varian. Varian tersebut adalah tipe G serta tipe E. Masing-masing tipe memiliki pilihan transmisi mobil antara manual dan otomatis. Banyak orang yang penasaran dan memperkirakan harga mobil terbaru ini. Toyota Calya varian terendah akan diprediksi seharga Rp 132 jutaan.  Sedangkan varian termahal diprediksi seharga Rp 150 jutaan. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dari mobil terbaru Toyota. Semoga ulasan mengenai Toyota Calya ini bermanfaat. Terutama bagi Anda yang memang sedang menanti mobil terbaru Toyota.

Advertisement