7 Cara Merawat Mobil Diesel Untuk Semua Merk Mobil

Advertisement

Cara Merawat Mobil Diesel – Cara merawat mobil diesel menjadi informasi yang berguna untuk Anda. Untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima, perawatan memang diperlukan. Beberapa pengguna lebih suka melakukan treatment sendiri di rumah. Namun, pengguna yang lainnya lebih suka merawat di bengkel langganan. Sebenarnya semua sama saja tergantung kesiapan budget Anda. Banyak yang memilih mobil dengan diesel karena dianggap lebih bertenaga. Selain itu banyak juga yang mengatakan mobil diesel lebih irit. Tanpa perawatan semua itu tidak bisa tercapai. Mobil pun seperti manusia perlu dirawat secara teratur. Untuk itu lakukan perawatan secara berkala untuk semua bagiannya.

Advertisement

Mobil dengan mesin diesel yang dirawat baik akan tetap prima. Apalagi jika selalu Anda gunakan setiap hari. Biasanya mobil diesel banyak digunakan di area jalan yang berat. Namun saat ini banyak juga mobil diesel yang dipakai di kota besar. Cara merawat mobil diesel tidak perlu yang rumit. Lakukan perawatan selalu saat Anda akan pergi jauh. Jarak jauh jangan sampai membuat ada hambatan dengan mobil. Hal ini akan membuat waktu Anda banyak terbuang percuma. Selain service masalah onderdil juga perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda memaksakan onderdil rusak karena bisa menurunkan performa.

Beberapa Cara Merawat Mobil Diesel

Cara Merawat Mobil Diesel

Cara Merawat Mobil Diesel

  1. Panaskan Mobil

Cara merawat mobil diesel yang pertama adalah dengan memanaskannya. Banyak sekali pengendara yang mengabaikan langkah satu ini. Padahal ini merupakan salah satu cara perawatan mobil paling mudah. Anda harus selalu memanaskan mesin sebelum mulai berjalan. Tujuannya adalah agar suhu mobil saat akan berjalan sudah maksimal. Pemanasan mesin sebelum berjalan sangat baik untuk melindungi setiap bagian mobil diesel Anda. Selain itu, pelumasan pada bagian mesin saat pemanasan juga lebih maksimal dan rata. Dengan begitu kondisi mesin mobil tetap terjaga baik dan prima.

  1. Rawat Saringan Udara

Cara merawat mobil diesel yang kedua dengan perhatikan filter udara. Satu lagi yang juga Anda perlu lakukan adalah merawat saringan udara mobil. Fiilter udara pada mobil adalah paru-paru mobil itu sendiri. Karena itu bersihkan filter secara berkala untuk menghindari penumpukan kotoran. Jika terlalu banyak debu dalam filter maka akan merusak mesin. Apalagi sampai masuk ke dalam ruang untuk pembakaran. Hal itu akan sangat berpotensi membuat bagian yang bergesekan menjadi aus. Jangan lupa ganti filter sesuai dengan masa pakainya.

  1. Pilih BBM yang Sesuai

Anda pasti tahu jika BBM mesin diesel berbeda dengan yang lainnya. BBM diesel adalah solar. Saat ini sudah ada beberapa type solar di pasaran. Pilih yang terbaik kualitasnya dengan nilai sulfur paling rendah. Apalagi pada diesel yang menggunakan teknologi CRDI. Kadar sulfur yang terlampau tinggi akan membuat saluran vave pada CR menjadi tersumbat. Dan ini adalah penyebab mesin mati mendadak atau tersendat. Jika Anda sering menemukan mesin sulit hidup maka coba periksa. Banyak yang tidak sadar hal itu karena penggunaan BBM yang salah. Cara merawat mobil diesel yang lain adalah hanya beli BBM di pom bensin. Jangan beli solar di pinggir jalan secara eceran. Bukan rahasia lagi jika banyak oknum nakal yang mencampur dengan bahan lain. Dan ini sangat bahaya untuk kondisi mesin.

Advertisement

  1. Perawatan Oil Filter

Perawatan mobil diesel panther dan semua jenis mobil diesel turbo yang keempat adalah dengan merawat oil filter. Ganti filter oli setelah 10.000 km atau setelah 2x ganti oli rutin. Filter oli ini fungsi utamanya sebagai penyaring dari kotoran dan debu. Pada pelumas biasanya ada kotoran halus yang bisa merusak mesin. Jangan biarkan filter oli sampai terlalu kotor. Jika mesin rusak maka Anda harus mengeluarkan biaya besar.

Advertisement

  1. Perhatikan Cara Mematikan Mesin Mobil

Jangan sepelekan cara Anda mematikan mesin mobil. Ini adalah cara merawat mobil diesel yang sederhana namun sering terlupakan. Mesin diesel yang sudah menggunakan turbocharger perlu cara khusus. Matikan mesin mobil setelah 3 menit posisi mobil benar-benar berhenti. Hal ini sangat baik untuk menjaga sparepart agar berumur panjang. Jika Anda mematikan mendadak maka komponen akan mudah rusak.

  1. Rawat Saringan Solar

Filter solar adalah salah satu bagian yang harus dirawat. Cara merawat mobil diesel yang ini perlu untuk kotoran. Kotoran yang masuk ke dalam jelas akan memperburuk keadaan. Biasanya penggantian filter solar dilakukan jika sudah 15.000 km. Jangan membiarkan saringan solar mobil Anda tertumpuk kotoran. Jika banyak kotoran di dalamnya maka mesin tidak bisa bekerja maksimal. Hal ini disebabkan karena BBM yang dibutuhkan mesin tidak bisa tercukupi. Jika begini terus menerus maka mobil bisa cepat rusak.

  1. Cukupi BBM di Tangki Mobil

Cara merawat mobil diesel yang terakhir adalah dengan memperhatikan BBM. Seringkali Anda membiarkan tangki hampir atau bahkan kosong. Jangan lakukan hal ini terus menerus. Paling tidak ketika isi tangki sudah tinggal 1/3 Anda langsung mengisinya. Akan lebih baik jika Anda selalu memastikan tangki penuh. Jika Anda membiarkan tangki terus kosong maka akibatnya buruk. Hal ini akan membuat mesin sulit hidup dan tersendat. Bahkan di dalam saluran solar akan muncul gelembung udara. Hal ini sangat berpotensi membuat mesin mati.

Perhatikan hal diatas sebagai cara merawat mobil diesel yang cukup penting. Mobil yang selalu dirawat akan bekerja dengan baik dan tidak rewel. Seringkali Anda menemukan orang dengan mesin mati atau tangki BBM bocor. Semua itu karena jarang perawatan. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi demi kenyaman Anda. Apalagi saat perjalanan jauh, perawatan sangatlah penting. Jangan lupa pastikan kondisi keempat ban mobil semua prima. Jika ada yang sudah tipis maka segera ganti dengan yang baru.

Kondisi jalanan di Indonesia membuat pemakaian ban cukup boros. Namun hal itu tidak jadi masalah jika Anda tahu bagaimana cara merawatnya. Jangan sampai Anda menghadapi kondisi pecah ban di tengah jalan. Tidak semua jalan tersedia fasilitas tambal ban. Hal ini cukup sering terjadi karena mengabaikan kondisi ban mobil Anda. Cara merawat mobil diesel berikutnya adalah dengan cek air cooler. Selain itu pastikan juga air radiator terisi penuh. Sering banyak mobil mengalami asap. Apalagi mesin cukup cepat panas dan bahkan meledak. Setelah dilihat masalahnya karena air radiator kosong. Jangan lupa juga perhatikan tabungnya apakah bocor atau tidak. Jika bocor biasanya ada tetesan air di bagian bawa kap mobil.

Bersihkan bagian dalam mobil Anda. Cara merawat mobil diesel tidak melulu bagian mesin. Interior mobil juga perlu perhatian. Cek kondisi jok mobil apakah masih layak ataukah tidak. Selain itu perhatikan soal pendingin atau AC. Cek kondisi tali kipas dan filternya. Kadang jika kondisi usia mobil sudah tua hal itu sering bermasalah. Tentu saja Anda lebih suka mengendarai mobil yang nyaman bukan? Jangan lupa bawa perlengkapan seperti kunci set atau dongkrak. Hal ini akan berguna jika terjadi sesuatu di jalan dan tidak ada bengkel.

Baca Juga : 7 Cara Merawat Mobil Baru Yang Tepat

Perhatikan juga kebersihan mobil sebagai cara merawat mobil diesel termudah. Jangan biarkan sampah menumpuk di dalam. Cek kebersihan bagasi dan kabin mobil apalagi jika ada anak kecil. Kebersihan akan membuat Anda nyaman berkendara. Cuci mobil Anda paling tidak seminggu sekali. Jika bersih maka Anda juga akan terlihat peduli pada kondisi mobil Anda. Bukankah mobil juga perlu dimanusiakan? Semoga informasi mengenai cara merawat mobil diesel ini bermanfaat bagi Anda. Semakin Anda rawat maka kondisi si roda empat akan semakin terjaga. Dengan begitu Anda aman dan usia mobil akan lebih lama.

Advertisement