7 Cara Merawat Mobil Baru Yang Tepat

Advertisement

Cara Merawat Mobil Baru – Artikel ini akan berisi mengenai 7 cara merawat mobil baru Anda. Bukan rahasia lagi jika kondisi sebuah mobil mencerminkan pemiliknya. Mobil yang dirawat dengan baik maka kondisinya akan baik pula. Apalagi untuk kondisi mobil baru yang belum pernah dipakai. Jika sejak awal Anda sudah malas merawat maka sangat disayangkan. Biasanya pihak dealer akan memberikan arahan mengenai perawatan mobil. Tentu saja semuanya akan disesuaikan dengan type mobil Anda. Namun, paling tidak ada cara perawatan standard yang harus Anda tahu. Ikuti saja cara merawat mobil baru menurut panduan dealer.

Advertisement

Memiliki mobil baru memang menyenangkan. Apalagi jika berhasil dibeli dengan jerih payah Anda sendiri. Karena itu jangan pernah Anda sia-siakan. Cara merawat mobil baru akan membantu Anda mengenal mobil Anda. Mungkin saja sebelumnya Anda tidak punya mobil sehingga belum pengalaman. Namun, bagi yang sudah berpengalaman juga tidak ada salahnya belajar. Saat ini banyak mobil baru dengan harga murah di pasaran. Hampir semua kalangan masyarakat mampu membelinya. Apalagi system kredit dan uang muka semakin dipermudah.

Tidak heran jika penjualan roda 4 terus naik tajam. Karena itulah banyak pengguna mobil baru di Indonesia. Dan tentu saja cara merawat mobil baru akan jadi informasi berguna. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Merawat mobil tidak melulu harus keluar biaya banyak. Apalagi untuk mobil baru yang kondisinya masih sangat mulus. Anda biasanya akan mendapat buku panduan yang bisa menjadi acuan.

Beberapa Cara Merawat Mobil Baru

Cara Merawat Mobil Baru

Cara Merawat Mobil Baru

  1. Rawat Cat Mobil Anda

Cat mobil adalah bagian terluar mobil Anda. Begitu bagian cat terkena kotoran jangan tunda untuk membersihkannya. Gunakan pembersih khusus cat mobil seperti shampoo mobil. Lalu gunakan spons atau kain lembut yang halus. Tujuannya agar cat tidak lecet atau tergores. Jika tidak sengaja mobil terkena bahan kimia langsung bersihkan. Menunda membersihkan hanya memperburuk kondisi. Bahkan cat mobil bisa pudar atau belang. Ini adalah cara merawat mobil baru yang harus Anda kuasai. Seringkali pengguna mengabaikan kondisi cat begitu saja. Padahal jika dirawat, cat mobil bisa bertahan puluhan tahun.

  1. Perhatikan Jadwal Ganti Oli

Pada mobil baru Anda akan memiliki jadwal ganti oli. Biasanya pada buku panduan ganti oli masih akan gratis. Untuk itu jangan tunda untuk ganti oli ketika sudah waktunya. Apalagi jika kondisi mobil sangat sering digunakan. Otomatis kerjanya lebih berat dan  membutuhkan perawatan lebih. Oli yang tidak diganti akan menghambat kinerja mesin. Jika sudah begini maka kondisi mesin bisa mudah rusak. Penggantian oli sesuai aturan akan membuat kinerja maksimal. Selain itu, kondisi mesin juga awet dan tahan lama. Cara merawat mobil baru yang kedua ini simple namun sering dianggap sepele. Jangan lupa gunakan hanya oli berkualitas. Setiap dealer memiliki oli resmi. Mereka sudah tahu standard terbaik untuk kendaraan Anda. Patuhi aturan dan mobil akan tetap prima.

Advertisement

  1. Rawat Radiator Mobil Anda

Ini adalah cara merawat mobil baru yang tidak boleh terlewatkan. Seringkali pengguna mengisi air radiator dengan sembarang cairan. Tahukah Anda bahwa hanya air bersih yang boleh digunakan? Anda bisa memilih menggunakan air dalam kemasan yang dijual di pasaran. Bisa juga Anda gunakan air khusus radiator. Fungsi dari radiator adalah untuk mendinginkan mobil Anda. Dan jika Anda menggunakan air kotor maka ini fatal. Kotoran yang ada sangat mungkin menyumbat saluran pendingin, Jika radiator rusak biayanya tidaklah murah.

Advertisement

  1. Service Mobil Berkala

Cara merawat mobil baru selanjutnya adalah patuhi jadwal service. Untuk mobil baru biasanya pada buku panduan sudah ada jadwalnya. Service berkala bertujuan untuk cek kondisi mobil secara lengkap. Oli, mesin, dan semua bagian akan diperiksa. Dealer akan memberi jadwal untuk Anda agar datang service tepat waktu. Tujuannya adalah untuk menjaga mesin agar selalu bersih. Jika sampai Anda tunda maka Anda menyiksa mobil. Untuk mobil baru biasanya biaya service masih free. Ini sangat lumayan menghemat pengeluaran. Namun, kondisi mobil tetap prima dan terjaga.

  1. Perhatikan Penggunaan BBM

Masalah BBM adalah cukup penting dan kruisial. Cara merawat mobil baru dengan memperhatikan penggunaan BBM. Gunakan bahan bakar terbaik yang sesuai dengan kondisi mobil Anda. Jika Anda memilih bahan bakar yang tidak tepat maka mesin bisa rusak. Kerja dan performa mobil Anda juga tidak akan maksimal. Hanya beli bahan bakar di SPBU yang resmi dan asli. Beli bahan bakar yang berkualitas untuk daya pacu maksimal. Saat ini sudah ada beberapa pilihan BBM yang terbaik. Selain berkualitas walaupun sedikit mahal namun lebih irit. Jika konsumsi BBM irit maka pengeluaran juga irit. Hindari membeli bahan bakar di pinggir jalan. Sudah jadi rahasia jika banyak oknum nakal yang mencampur dengan air. Bahan bakar yang dicampur akan sangat berbahaya. Mesin mobil bisa jebol dan ini jelas tidak Anda harapkan.

  1. Isi Mobil dengan Kapasitas yang Sesuai

Penggunaan mobil melebihi kapasitas sangat berbahaya. Ini termasuk cara merawat mobil baru yang perlu diperhatikan. Sering pengguna memaksakan muatan mobil. Padahal dengan beban berlebih akan membuat kondisi mobil terlalu berat. Jika terlalu berat maka mobil menjadi tidak stabil. Ini menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang mematikan. Jangan masukkan barang pada kabin penumpang. Selain melanggar aturan ini juga berbahaya. Isi penumpang sesuai maksimal kapasitas kabin. Dengan demikian Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

  1. Lindungi Mobil dari Panas Menyengat

Cara merawat mobil baru yang berikutnya adalah lindungi dari panas. Mobil yang terlalu sering terpapar panas akan cepat rusak. Cat mobil yang terpapar matahari akan mengelupas dan pecah-pecah. Sebisa mungkin parkir mobil di tempat teduh. Kalau memang terpaksa harus diluar maka gunakan cover mobil. Ini untuk melindungi cat dan body dari panas yang menyengat. Bahkan ban mobil bisa mendadak pecah karena suhu terlampau panas. Panas yang terlalu tinggi tidak baik untuk kondisi mobil secara keseluruhan. Untuk itu sebisa mungkin jaga mobil agar selalu berada di suhu stabil.

Cara merawat mobil baru memang ada banyak sekali. Tentu saja Anda selalu ingin kondisi mobil tetap baik. Sehingga bisa jarang ke bengkel karena rewel atau rusak. Banyak sekali pengguna yang bisa menjaga mobil bahkan hingga tahunan. Kondisi mobil yang terjaga akan meningkatkan harga jual. Tidak heran banyak mobil second terjual dengan harga tinggi. Jangan lupa selalu bersihkan kotoran dan cuci mobil teratur. Kotoran menumpuk dapat menyebabkan kerak yang membandel.

Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan interior mobil. Ini juga bisa menjadi cara merawat mobil baru yang mudah. Interior bisa Anda bersihkan hanya dengan lap lembut yang dibasahi. Biasanya kotoran yang ada berupa cap tangan atau debu. Walaupun tempatnya di dalam namun debu justru cukup banyak. Jangan lupakan bagian terselip seperti jok penumpang. Saat membersihkan selalu vacuum kabin hingga bersih.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Jika Anda melakukan cara merawat mobil baru dengan benar maka itu baik. Anda bisa terus berkendara dengan mobil baru kesayangan yang bersih dan terjaga. Selain nyaman dilihat orang lain juga menyenangkan. Perawatan bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Manfaatkan waktu senggang Anda untuk memanjakan mobil baru.

Sekali waktu boleh juga bawa mobil baru Anda ke bengkel. Mempercantik dengan modifikasi atau salon tidaklah buruk. Hal tersebut akan menjadi hobby jika Anda tertarik. Hanya saja siapkan biaya yang tidak sedikit. Untuk cara merawat mobil baru hanyalah masalah ketekunan. Jangan lupa cek kondisi ban secara teratur. Seringkali ban bocor atau kempes tanpa disadari dan ini berbahaya.

Advertisement