8 Cara Merawat Cat Mobil Agar Selalu Mengkilap

Advertisement

Cara Merawat Cat Mobil Agar Selalu Mengkilap – Banyak orang bilang bahwa kendaraan mencerminkan si pemiliknya. Bahkan kepribadian seseorang bisa terlihat dari mobil yang ditungganginya setiap hari. Demi mendapatkan citra baik, tidak ada salahnya Anda mulai memperhatikan keadaan mobil. Bukan hanya performa mesin, eksterior mobil pun wajib dipoles setiap hari. Ada beberapa cara merawat cat mobil agar setiap hari terlihat berkilau. Merupakan sebuah kebanggaan jika mobil Anda menjadi pusat perhatian.

Advertisement

Merawat cat mobil memang butuh ketekunan dan kebiasaan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara merawat cat mobil dengan baik dan benar. Akibatnya, ketika membersihkan malah menimbulkan bekas bahkan goresan. Sebenarnya untuk menjaga kualitas cat mobil ini tidak selalu harus dikerjakan di bengkel. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah dengan alat-alat sederhana. Hal terpenting sebelum menyimak cara merawat cat mobil adalah pastikan Anda berkendara dengan aman. Jika terjadi goresan yang parah maka Anda harus membayar untuk memperbaikinya.

Tips dan Cara Merawat Cat Mobil

Cara Merawat Cat Mobil Agar Selalu Mengkilap

Cara Merawat Cat Mobil Agar Selalu Mengkilap

  1. Menjaga Mobil Dari Cuaca Yang Ekstrim

Eksterior mobil memang bagian paling rawan jika bersinggungan dengan masalah cuaca ekstrim. Akibatnya, cat mobil yang semula mulus bisa memudar bahkan mengelupas. Ada beberapa cara untuk menghindari hal tersebut. Tips merawat cat mobil baru yang pertama adalah tidak memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung. Usahakan memilih lokasi parkir di gedung atau bawah pohon. Jika sulit menemukan, tidak ada salahnya untuk menutup dengan cover mobil yang bagus.

Begitu pula saat hujan turun. Usahakan mobil tidak terlalu lama terkena air hujan. Jika terpaksa berkendara saat hujan, lakukan sedikit perawatan sesampainya di rumah. Segera basuh air hujan dengan air bersih. Begitu pula di malam hari. Jangan sampai mobil terlalu sering terkena embun. Air hujan dan embun bisa mengakibatkan mobil lebih cepat berkarat. Solusi cara merawat cat mobil terbaik adalah menutupnya dengan cover mobil yang berkualitas.

  1. Mencuci Mobil Secara Teratur

Di jalanan, mobil sering kali terkena asap dan debu yang mengandung jutaan bahan kimia. Hal itu juga bisa mempengaruhi daya tahan cat mobil. Cara merawat cat mobil agar bahan kimia ini lekas hilang adalah mencucinya secara teratur. Untuk mencuci mobil, sebaiknya dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Bahkan jika sudah tampak kotor, tidak ada salahnya membersihkan setiap hari. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah debu menumpuk terlalu tebal.

Advertisement

Mencuci mobil memang memerlukan ketekunan dan keahlian khusus. Oleh karenanya, tidak jarang orang lebih memilih membawa kendaraannya ke salon mobil. Namun jika Anda ingin mencobanya sendiri di rumah, berhati-hatilah dengan air sabun. Cara merawat cat mobil bekas adalah hindari mencuci di bawah terik matahari langsung. Air sabun yang mengering akan meninggalkan bercak pada bodi mobil.

  1. Jangan Gunakan Detergen Untuk Mencuci

Setiap jenis sabun tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak terkecuali sabun yang digunakan untuk mencuci mobil. Jangan sekali-sekali mencuci dengan sabun yang mengandung detergen. Cara merawat cat mobil baru agar tidak memudar adalah mencuci mobil dengan sampo khusus. Sudah banyak berbagai merk sampo mobil yang beredar di pasaran. Namun jika Anda tetap kesulitan menemukannya, masih ada solusi lain. Anda bisa menggunakan sabun atau sampo biasa dengan catatan tidak mengandung detergen.

Advertisement

  1. Aturlah Kekuatan Keluaran Air Dari Selang

Kotoran mobil yang membandel memang lebih mudah dibersihkan dengan arus air yang kencang. Namun,perlu Anda ketahui bahwa ini juga membahayakan cat mobil. Cara merawat cat mobil agar tidak ada noda tertentu adalah mengatur pula arus air ketika mencuci. Jangan sampai air yang keluar terlalu deras. Tekanan air ini bisa saja merusak susunan cat hingga akhirnya menimbulkan bekas. Akan sangat buruk terlihat jika ada bekas di bagian-bagian tertentu. Ketika mencuci, cukup gunakan air dengan kekuatan menengah. Selain menyemprot dengan selang, bisa juga dilakukan dengan cara mengguyur. Hal ini tentu saja lebih aman karena bodi mobil tidak akan mendapatkan desakan.

  1. Segera Keringkan Mobil Setelah Selesai Mencuci

Ketika dirasa seluruh bagian mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga merupakan salah satu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil. Jangan pula mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkannya. Hal tersebut bisa menyebabkan bodi mobil membekas di bagian-bagian yang terkena air. Bersihkan secepat mungkin agar tidak ada bercak di cat mobil Anda.

  1. Perhatikan Cara Mengelap Dan Bahan Lap
Tips Merawat Cat Mobil

Tips Merawat Cat Mobil

Sudah dijelaskan di atas bahwa setelah mencuci, mengeringkan mobil harus dilakukan secepat mungkin. Mengeringkan mobil ini bisa dilakukan dengan cara mengelapnya. Untuk mengelap mobil tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah mengenai bahan lap. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit atau kanebo agar air lebih cepat terserap. Jangan gunakan lap dari bahan katun karena sering menyimpan partikel-partikel kecil. Partikel kecil ini bisa sangat membahayakan cat mobil Anda. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah harus berhati-hati ketika mengelap. Pastikan lap yang Anda gunakan bersih. Periksa pula tidak ada partikel kecil yang menempel pada cat mobil. Jika Anda tidak berhati-hati ketika mengelap, partikel ini akan menyebabkan goresan. Kehatia-hatian ketika mengelap mobil juga salah satu cara merawat cat mobil agar tidak mudah rusak.

  1. Gunakan Obat Poles Dan Wax Agar Cat Mobil Mengkilap

Bagi sebagian orang, mobil yang bersih saja dirasa belum cukup. Ada beberapa cara merawat cat mobil agar semakin mengkilap. Sebelum melakukan langkah tersebut ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Bahan-bahan tersebut adalah wax, obat poles, busa, dan kain katun lembut atau jika ada microfiber. Langkah pertama untuk membuat cat lebih mengkilap adalah memberikan obat poles. Caranya, pastikan mobil Anda berada di tempat teduh agar obat tersebut tidak cepat mengering. Pemberian obat poles bisa dilakukan dengan menuangkannya pada busa. Kemudian gosokkan bagian demi bagian mobil secara memutar. Jangan menggosok langsung seluruh bodi mobil. Lakukan cara ini secara bertahap agar obat poles tiap mudah mengering. Tunggu kurang lebih 10 menit. Jika sudah kering, lap bekas obat poles dengan kain atau microfiber.

Cara merawat cat mobil selanjutnya agar semakin mengkilap adalah dengan teknik waxing. Sejatinya, waxing adalah melapisi cat mobil dengan bahan seperti lilin. Cara ini dinilai paling ampuh untuk membuat cat mobil seperti baru kembali. Caranya hampir sama dengan memberi obat poles. Namun, untuk waxing tentu lebih ringan karena tidak perlu menggosok ke cat mobil. Cukup ratakan dan jika sudah terlapisi semua bagian, bersihkan sisa wax dengan microfiber. Lakukan langkah-langkah tadi agar cat mobil selalu Nampak bersinar.

  1. Segera Lakukan Perbaikan Jika Ada Goresan Tajam

Bodi mobil memang tidak selamanya mulus. Jika suatu saat Anda sedang sial hingga mobil Anda tergores tajam, segera lakukan perbaikan. Cara merawat cat mobil yang satu ini memang membutuhkan cukup biaya. Namun, jika terlalu dibiarkan akan merembet ke bagian yang lain. Akibatnya, biaya yang dikeluarkan pun nantinya akan semakin banyak.

Itulah tadi beberapa cara merawat cat mobil agar tampak selalu mengkilap. Jika dilakukan secara rutin sebenarnya tidak membutuhkan biaya banyak. Bandingkan saja jika harus membawanya ke salon mobil. Tentu saja biayanya akan melambung sangat tinggi. Dengan mengikuti cara-cara di atas, diharapkan cat mobil akan bertahan lebih lama. Baca Juga Tips Merawat Ban Mobil dan Cara Mencuci Ban Mobil.

Advertisement