7 Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet & Tahan Lama

Advertisement

Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet – Cara merawat aki mobil akan sangat berpengaruh pada kondisi mobil Anda. Tidak bisa dipungkiri, aki adalah salah satu benda terpenting. Jika aki bermasalah maka Anda akan repot. Biasanya mobil akan sulit hidup atau bahkan macet. Untuk itu kenapa perawatan aki cukup penting. Hanya saja masih banyak yang menganggap ini sepele. Aki adalah barang yang cukup awet. Namun, bukan berarti bisa bertahan selamanya tanpa perlu diganti. Anda tetap perlu mengganti ketika memang kondisinya sudah buruk. Memaksakan aki yang buruk akan berbahaya untuk mobil. Selain itu juga menghambat waktu Anda karena mobil akan rewel.

Advertisement

Pada dasarnya, cara merawat aki mobil tidaklah sulit. Anda hanya harus meluangkan waktu untuk pengecekan. Untuk perawatan yang lainnya Anda bisa melakukan juga dengan mudah. Jangan lupa matikan selalu perlengkapan entertain dan elektronik sebelum mesin mati. Sering disaat mesin mati Anda baru mematikan AC, radio, dan lain-lain. Hal ini tanpa disadari membuat dampak yang tidak baik. Sistem kelistrikan pada mobil Anda akan terganggu jika terbiasa melakukan hal itu.

Selain itu, kondisi baterai dan aki juga akan tidak stabil. Hidupkan mesin terlebih dahulu baru perlengkapan elektronik lainnya. Dan saat mematikan, matikan mesin disaat semua sudah Anda matikan. Anda harus tekun dan teliti dalam merawat aki. Disini ada beberapa cara mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu kondisi aki akan terjaga dan mobil tetap sehat. Berikut beberapa cara merawat aki mobil yang bisa Anda lakukan.

Tips Dan Cara Merawat Aki Mobil

Cara Merawat Aki Mobil

Cara Merawat Aki Mobil

  1. Cek Kadar Elektrolit Pada Aki Mobil Anda

Ini adalah cara merawat aki mobil yang pertama. Perawatan ini sangat mudah dan sederhana. Selain itu, Anda juga tidak perlu melakukan setiap hari. Paling tidak lakukan satu kali dalam sebulan. Cara melihatnya sangat mudah. Anda hanya perlu memperhatikan garis pada aki Anda. Bila posisi air aki berada di bawah garis maka berarti perlu ditambah. Untuk penambahan air harus dengan air aki. Jumlah elektrolit yang cukup sangat penting untuk mobil. Hal ini akan berperan pada proses pengisian dan pengeluaran aki. Dan saat jumlah elektrolit hanya sedikit  ini bisa menyebabkan gangguan. Yang sering terjadi masalah aki tekor. Jika sudah begini mobil pasti sulit atau tidak bisa Anda starter.

  1. Cek Terminal Baterai

Cara merawat aki mobil yang kedua adalah cek terminal baterai. Cukup Anda lihat saja sekilas apakah ada jamur, kotoran disana. Jika Anda menemukan noda karat atau jamur maka segera bersihkan. Caranya adalah dengan siapkan air panas mendidih lalu siramkan saja. Jika bagian terminal aki ternyata sudah kendur maka kencangkan saja. Namun, jika sudah terlalu kendur atau loss maka ganti baru.

Advertisement

  1. Selalu Panaskan Mobil Walau Tak Dipakai

Banyak yang menganggap sepele pemanasan mobil. Cara merawat aki mobil yang ketika ini cukup penting. Baterai pada aki mobil akan berkurang sekalipun mobil mati. Hal itu menjadi alasan kenapa saat mobil mati lama maka biasanya aki tekor. Jika memang mobil tidak dipakai tetap panaskan. Paling tidak lakukan pemanasan minimal 15 menit seminggu sekali. Hal ini akan sangat membantu kondisi baterai untuk tetap penuh. Sehingga saat Anda akan menggunakan baterai tidak tekor dan mesin mau menyala.

  1. Cek untuk Sistem Pengisian pada Aki

Cara merawat aki mobil ini yakni cukup melihat apakah aki bermasalah atau tidak. Pada bagian dashboard di dekat speedometer ada indicator aki. Yang normal adalah indicator itu menyala saat mesin mati. Ketika Anda menghidupkan mesin mobil seharusnya indicator mati. Maka ketika saat mesin hidup namun indicator hidup juga segera cek aki.

Merawat Aki Mobil Yang Benar

Advertisement

Biasanya masalahnya ada pada proses pengisian. Untuk melakukan checking bisa dibawa ke bengkel. Biasanya jika aki masih bagus akan di service saja. Namun, ada juga yang karena kondisi aki sudah jelek. Untuk cara merawat aki mobil yang ini memang Anda harus jeli. Jadi, selalu perhatikan sisi speedometer sebelum berangkat pergi.

  1. Saat Mesin Mati, Matikan Semua Fasilitas Mobil

Cara merawat aki mobil selanjutnya, jangan hidupkan apapun saat mobil mati. Dalam keadaan mesin mobil mati maka matikan semua yang ada. Sering banyak pengendara tetap menyalakan TV, radio, tape atau lampu. Hal ini tanpa disadari membuat baterai aki cepat habis. Apalagi Anda melakukan untuk waktu yang cukup lama. Jika baterai habis karena ini maka Anda akan repot sendiri bukan?

  1. Service Mobil Berkala

Cara merawat aki mobil yang keenam dengan service mobil berkala. Saat service biasanya semua kondisi aki selalu di cek. Jika ada trouble mekanik akan memberi tahu Anda langsung. Jika demikian maka seharusnya kondisi tetap terjaga. Sehingga akan jauh lebih aman dan nyaman saat bepergian. Mekanik akan melakukan cek pada jumlah elektrolit. Selain itu kondisi kelayakan aki juga pasti di pantau.

  1. Terakhir Lakukan Pengecekan

Saat Anda sudah merasa aki usianya cukup tua, lakukan cek. Pengecekan bisa dengan cara memanfaatkan battery load tester. Alat ini akan membantu Anda untuk tahu apakah aki masih bagus atau tidak. Alat ini cukup valid dan sudah digunakan di bengkel-bengkel. Ini adalah cara merawat aki mobil yang ke tujuh yang bisa Anda lakukan. Jika Anda tidak punya alatnya maka bawa mobil ke bengkel khusus aki. Disana Anda bisa merawat aki secara maksimal. Biayanya juga tidaklah banyak kecuali harus diganti.

Tips Merawat Aki Mobil

Cara merawat aki mobil yang lainnya adalah selalu pantau baterai aki. Jangan biarkan baterai kosong. Selalu pastikan bahwa aki mobil selalu dalam keadaan penuh. Jika mobil jarang di pakai paling tidak panasi secara teratur. Anda bisa keluar sebentar keliling kompleks lalu mematikan mesin. Cara simpel seperti itu sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi aki tetap prima. Jika mendiamkan mobil tidak hidup dalam waktu lama maka aki pasti tekor. Jika memang akan pergi lama, maka cabut sambungan aki ke mobil. Hal ini akan membuat baterai aki tidak berkurang saat mobil mati. Jangan lupa baca juga artikel tips merawat mobil lainnya seperti Cara Ganti Oli Mobil dan Cara Merawat Cat Mobil.

Hal lainnya yang juga bisa dilakukan sebagai cara merawat aki mobil masih banyak. Anda bahkan bisa melakukan sendiri karena cukup sederhana. Misalnya saja mengganti dudukan aki. Kadang dudukan aki berkarat. Hal ini sangat tidak baik karena bisa membuat usia aki menjadi pendek. Begitu juga jika pengait aki longgar. Posisi longgar akan membuat aki mudah bergeser. Saat digunakan pada mobil hal ini cukup riskan. Karena itu selalu kencangkan dan jangan biarkan kendur. Posisi kendur akan sangat sukses membuat usia aki menjadi pendek.

Cek juga kondisi drive belt pada aki. Hal ini adalah cara merawat aki mobil yang sederhana namun sering dilupakan. Jangan sampai membiarkan posisi drive belt goyang atau tidak pas. Jika drive belt sudah rusak pastikan langsung ganti baru. Alat ini sangat penting untuk proses pengisian aki agar maksimal. Setiap kali ada kerusakan jangan pernah di tunda. Disiplin dan teliti adalah cara merawat aki mobil yang baik. Anda akan bisa memiliki aki awet dan tahan lama dengan perawatan baik. Saat ini rata-rata semua mobil sudah menggunakan jenis aki kering. Aki kering cenderung lebih simpel perawatannya. Dan waktu tahannya juga lebih panjang dibandingkan aki basah. Anda bisa memilih menggunakan aki kering jika tidak sempat melakukan perawatan. Hanya saja harganya sedikit lebih tinggi dari aki basah. Namun, sangat praktis untuk Anda yang cukup sibuk untuk memperhatikan aki mobil.

Advertisement