7 Cara Ganti Oli Mobil Sendiri Di Rumah

Advertisement

Cara Ganti Oli Mobil Sendiri Di Rumah – Cara ganti oli mobil disini bisa Anda lakukan di rumah. Pengguna mobil ada bermacam-macam. Ada yang suka mengotak ngatik tunggangannya ada juga yang tidak. Ada yang hobby ke bengkel untuk service ada yang tidak. Jika mobil Anda masih baru maka biaya service masih gratis. Namun, untuk mobil yang usianya sudah tua maka tentu saja tidak. Dan bukan rahasia lagi jika biaya service cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan service sendiri di rumah dengan mudah. Cara ganti oli mobil sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Anda memang harus teliti dan hati-hati. Selain itu, tidak boleh terburu-buru.

Advertisement

Cara ganti oli mobil sangat simpel dan mudah. Anda bisa melakukannya di sela waktu luang Anda. Hanya saja memang perlu melakukan checking terhadap hal lainnya. Jangan membiarkan saluran yang bocor tanpa perbaikan. Hal ini sangat berbahaya apalagi jika Anda ingin mengendarai mobil. Selalu lakukan service berkala untuk tahu kondisi mesin mobil Anda. Perbaikan diperlukan agar Anda nyaman dan aman saat dijalan.

Bagi yang hobi utak atik tunggangannya, cara ganti oli mobil adalah hal menyenangkan. Selain mengisi waktu juga jadi sekaligus tahu apakah ada kerusakan atau tidak. Sebelum memulai prosesnya, pastikan Anda punya alat yang lengkap. Peralatan yang lengkap sangat mendukung proses agar lancar dan cepat.

Beberapa Tips Cara Ganti Oli Mobil Sendiri

Cara Ganti Oli Mobil

Cara Ganti Oli Mobil

  1. Siapkan Semua Alat Ganti Oli

Cara ganti oli mobil yang pertama adalah menyiapkan peralatan. Peralatan ganti oli seperti kain, ember, air bersih dan lain-lain adalah penting. Pastikan semua sudah siap di dekat Anda saat akan mulai. Hal ini sangat membantu untuk menghemat waktu. Sehingga nantinya prosesnya akan lancar dan tanpa hambatan. Selain itu, sebelum memulai proses ganti oli panaskan mesin mobil terlebih dahulu. Tidak perlu lama, 20 detik saja cukup. Kemudian parkirkan mobil Anda di tempat datar yang halus. Jangan parkirkan mobil di tempat menurun. Ini berhubungan dengan keselamatan selama proses. Setelah itu jangan lupa tarik hand rem mobil Anda. Jangan lupa ganjal bagian ban dengan batu. Tujuannya agar safety semaik baik saja.

  1. Atur Posisi Mobil Anda

Cara ganti oli mesin mobil selanjutnya adalah mengatur posisi mobil. Anda  hanya perlu memanfaatkan dongkrang mobil. Tinggikan bagian depan mobil agar oli mobil bisa keluar lancar. Jika oli keluar lancar maka akan bersih maksimal. Jika oli bersih maka mengendarai mobil akan terasa lebih ringan. Jangan lupa beri ganjalan pada ban belakang terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghindari mobil mundur bergerak sendiri.

Advertisement

  1. Cari Katup Tutup Oli

Yang selanjutnya dari cara ganti oli mobil adalah mencari keberadaan katup oli. Biasanya posisi katup ini terletak di tengah badan mobil. Hanya saja untuk pastinya Anda bisa melihat pada bukan panduan Anda. Disana akan ada informasi mengenai letak katup oli. Biasanya setiap jenis mobil memang berbeda. Hanya saja tidak jauh dari bagian depan bawah dari mobil Anda. Jika sudah ketemu katupnya maka posisikan mangkuk kosong di bawahnya. Ini bertujuan untuk menampung oli kotor yang akan keluar dari atas. Buka katup oli menggunakan kunci. Biasanya arah pembuka akan searah dengan arah jarum jam. Anda harus hati-hati pada kondisi oli. Siapa tahu oli masih dalam suhu yang cukup panas.

Advertisement

  1. Keluarkan Oli Mobil Anda

Ini adalah tahapan inti dari cara ganti oli mobil Anda. Setelah katup berhasil di buka lalu keluarkan olinya. Biasanya oli kotor akan meluncur langsung. Tunggu saja sampai semua oli yang ada benar-benar habis. Disaat sudah habis biasanya tidak ada oli yang menetes kembali. Sambil menunggu oli kotor habis, Anda bisa membersihkan katup. Katup oli juga pasti kotor karena oli kotor yang menempel. Bersihkan dan bisa Anda cuci dengan sabun sampai semua oli hilang. Kemudian setelah cuci bersih keringkan dengan kain. Jangan memasang katup dalam keadaan basah. Setelah selesai, buka kemasan oli yang baru lalu buka penutup atas untuk memasukkan oli. Setelah itu tutup kembali katup bawah dengan posisi yang kencang namun tetap bisa dibuka.

  1. Cek Kondisi Filter Oli

Saat membersihkan oli jangan lupa cek kondisi filternya. Biasanya filter harus diganti saat Anda sudah ganti oleh paling tidak 3x. Cara ganti filter juga semudah cara ganti oli mobil. Anda hanya perlu melakukan cek untuk seal filter. Kemudian beri lapisan film yang baru dan tebal sehingga seal bisa terlapisi. Setelah itu filter bisa Anda pasang kembali. Dan yang terakhir kencangkan saja dengan tangan Anda.

  1. Isi Oli Baru

Cara Ganti Oli Mesin Mobil

Cara ganti oli mobil sangat mudah. Setelah filter oli Anda pasang baru kemudian Anda bisa mengisi oli yang baru. Buka tutup oli dari atas lalu tuangkan oli sampai batas yang sesuai. Setelah oli terisi tutup kembali hingga kencang dan bersihkan kotoran yang ada. Biasanya pada bagian sekitar tutup oli akan ada sisa tumpahan oli. Jangan biarkan kotoran menumpuk karena akan menyebabkan kerak.

  1. Cek Ketinggian Oli

Tahapan selanjutnya dalam cara ganti oli mobil adalah cek ketinggian oli. Anda bisa melakukan checking ketinggian oli dengan tongkat. Biasanya tongkat ini sudah tersedia di bagian mesin mobil Anda. Jangan ragu untuk menambah jumlah oli jika memang masih kurang. Tapi jika ketinggian oli sudah cukup maka Anda boleh menghidupkan mesin. Biarkan mesin mobil hidup selama beberapa saat. Hal ini bertujuan untuk mengalirkan oli baru ke seluruh bagian yang membutuhkan.

Selanjutnya dalam cara ganti oli mobil adalah cek saluran pembuangan oli. Langsung segera mobil sudah menyala Anda cek bagian saluran pembuangan. Biasanya jika terjadi kebocoran pada bagian saluran dan juga filter akan kelihatan. Jika tampak ada bagian oli yang bocor maka langsung kencangkan. Tunggu sampai oli tidak menetes kembali baru Anda boleh lega. Indikator berikutnya adalah jika indicator oli tidak pernah pas. Mungkin selalu kurang dan Anda selalu saja menambahkan. Ini tandanya ada bagian yang bocor dan perlu perbaikan. Cari letak bocornya dimana lalu bawa ke bengkel langganan Anda.

Mobil yang prima dan sehat akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Cara ganti oli mobil bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan jika Anda adalah wanita sekalipun Anda tetap bisa melakukannya. Tunggu saat mesin mobil sudah dingin agar oli juga suhunya menurun. Suhu oli yang panas sangat berbahaya bagi tangan atau tubuh Anda. Oleh karena itu, gunakan sarung tangan atau pengaman saat melepaskan katup. Baca Juga Cara Merawat Cat Mobil dan Tips Merawat Ban Mobil.

Cara ganti oli mobil secara garis besar adalah sama. Jika ada perbedaan maka tidaklah terlalu banyak. Biasanya mungkin hanya masalah letak katup penutup oli. Atau juga kunci khusus untuk membuka katup tersebut. Jika Anda sudah berhasil menemukan semua maka prosesnya mudah. Cara ganti oli mobil bisa dilakukan dengan mudah kapan saja. Jangan lupa hanya gunakan oli terbaik untuk mobil Anda. Jangan tergiur harga murah namun pertimbangkan kualitas. Harga murah terkadang tidak menjadi jaminan kualitas baik. Oli berkualitas dan asli akan membantu mesin untuk tetap awet. Begitu juga performa mobil agar tidak rewel dan tetap prima. Dengan oli yang diganti secara teratur maka mobil akan ringan. Anda tidak akan sering keluar masuk bengkel karena hal sepele. Penggantian oli biasanya dilakukan setelah 5000 km perjalanan. Namun untuk mobil baru biasanya oli diganti setelah 10.000 km perjalanan.

Advertisement